TN Bromo Tengger Semeru Duduki Peringkat 3 Taman Nasional Terindah di Dunia

Foto: TN Bromo Tengger Semeru

Mounture.com — Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sukses menempati posisi ketiga sebagai taman nasional terindah di dunia untuk periode tahun 2023.

Prestasi TNBTS itu didapat dari The World’s Most Beautiful National Parks 2023 versi Bounce, situs perjalanan wisata yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Adapun kriteria penilaiannya dilakukan berdasarkan jumlah postingan di platform media sosial Instagram, penayangan video TikTok, ulasan di Google, hingga penelusuran Google.

Hasilnya, TNBTS mendapatkan skor 7,89/10, di mana angka ini mengungguli banyak taman nasional populer dunia lainnya, seperti Zhangjiajie National Forest di Tiongkok dan Fuji Hakone Izu National Park di Jepang.

“Saya ingin mengingatkan pada siapa saja, bahwa kita harus mematuhi peraturan dan jangan sampai kita merusak daya tarik wisata kita termasuk di kawasan Bromo yang termasuk destinasi super prioritas,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

BACA JUGA:

Detail Waktu Pendakian Gunung Ciremai via Apuy

Beberapa Kiat Mendaki saat Musim Hujan

TNBTS mendapatkan nilai tertinggi dari media sosial, yang mana pada platform TikTok mendapat satu miliar penayangan sebagai yang teratas, lalu postingan di Instagram yang mencapai 934.532 dan penelusuran Google sebanyak 63.500 penelusuran dalam 12 bulan terakhir.

Melansir dari situs Bounce, berikut daftar peringkat taman nasional di berbagai daerah yang memiliki panorama memukau.

1. Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan

2. Taman Nasional Lençóis Maranhenses, Brasil

3. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Indonesia

4. Serengeti National Park, Tanzania

5. Plitvice Lakes National Park, Kroasia

6. Zhangjiajie National Forest Park, China

7. Fuji Hakone Izu National Park, Jepang

8. Victoria Falls National Park, Zimbabwe

9. Etosha national Park, Namibia

10. Jim Corbett National Park, India.

(mc/ril)