Kegiatan Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

Pintu masuk TNBTS (Mounture.com/Rani)

Mounture.com — Usai mengalami kebakaran, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali membuka destinasi wisata Gunung Bromo mulai Selasa, 19 September 2023 pukul 00.01 WIB.

Pembukaan kegiatan wisata itu berdasarkan surat pengumuman bernomor PG.10/T8/BIDTEK/KSA/9/2023 yang ditandatangani oleh Kepala Bagian Tata Usaha Septi Eka Wardhani tertanggal 18 September 2023.

“Kunjungan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, baik melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, Senduro Kabupaten Lumajang telah dibuka untuk pengunjung terhitung mulai hari Selasa, 19 September 2023 pukul 00.01 WIB,” kata Septi Eka Wardhani, Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pembelian karcis masuk kawasan Bromo dan sekitarnya hanya dapat dilakukan secara online melalui tautan bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan tidak ada pembelian karcis secara offline di seluruh pintu masuk, kecuali sistem booking yang sedang bermasalah.

“Calon pengunjung diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan larangan yng berlaku di dalam kawasan TNBTS yang tercantum di website booking online,” ucap Septi.

BACA JUGA:

Komika Bintang Emon Sindir Pasangan Penyebab Gunung Bromo Terbakar

Sekilas Tentang Pendakian Gunung Andong via Sawit

Adapun bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online pada 7 – 18 September 2023, dapat mengajukan reschedule melalui tautan bit.ly/reschedulebromo092023.

TNBTS pun menghimbau kepada seluruh pengunjung dan pelaku jasa wisata agar mematuhi prosedur masuk, peraturan, dan larangan yang berlaku di kawasan TNBTS.

“Mengingat saat ini masih dalam waspada kebakaran hutan agar tidak membawa peralatan yang bisa menimbulkan kebakaran hutan, antara lain api unggun, perapian, kembang api, petasan, dan flare untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama,” tutur Septi.

Selain pembukaan wisata Gunung Bromo, TNBTS juga mengumumkan bahwa kegiatan wisata Ranu Regulo dan Ranu Darungan kembali dibuka. Adapun untuk pembelian karcisnya bisa dilakukan secara langsung di pintu masuk Ranu Regulo, dan Ranu Darungan.

Sementara untuk kegiatan pendakian Gunung Semeru, TNBTS masih belum dibuka dikarenakan status vulkanik Gunung Semeru masih di level III atau Siaga.

(mc/ril)