Tips Membeli Sepatu Gunung

(Mounture.com) — Melakukan aktivitas mendaki gunung sudah pasti memerlukan peralatan pendakian yang memadai, salah satunya yaitu sepatu gunung. Sepatu gunung berfungsi untuk meminimalisir risiko mengalami kecelakaan saat pendakian seperti terkilir, tergores, bahkan terpeleset ketika mendaki.

Saat akan membeli, perlakuan untuk memilih sepatu gunung tidak sama dengan memilih sepatu untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Sepatu yang dipilih pun meski yang mendukung aktivitas secara khusus untuk mendaki gunung atau di luar ruang (outdoor).

Berikut ini beberapa tips membeli sepatu gunung yang bagus, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pilihlah ukuran sedikit longgar,

Jangan samakan memilih sepatu biasa dengan sepatu gunung. Jika penggunaan sepatu biasa harus pas di kaki, sedangkan sepatu gunung harus memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari yang biasanya digunakan.

Hal ini berguna untuk menghindari jari kaki yang akan merasa tidak nyaman saat turun gunung. Alasan dari pemilihan sepatu yang sedikit besar juga membuat kalian dapat mengenakan kaus kaki tebal selama masa pendakian. Kaos kaki ampuh untuk melindungi kaki dari udara dingin di malam hari saat di gunung.

2. Periksa leher sepatu,

Meski terdengar sepele, namun permukaan leher sepatu sangat berpengaruh pada aktivitas mendaki gunung. Kalian harus memastikan bahwa leher sepatu yang akan digunakan memiliki tekstur yang halus. Sebab, ketika mendaki, bawah leher sepatu yang paling sering bergesekkan dengan bawah tumit, jika teksturnya kasar maka bisa membuat nyeri dan sakit.

3. Sesuaikan dengan medan pendakian,

Sebagai salah satu peralatan outdoor yang penting, sepatu gunung harus disesuaikan dengan medan pendakian. Jika kalian ingin mendaki pada pegunungan di medan pendakian ringan seperti bukit dapat menggunakan sepatu gunung berleher pendek.

Demikian sebaliknya, jika medan pendakian area yang sulit dan tinggi maka wajib memakai sepatu gunung yang lehernya sedikit tinggi minimal di atas mata kaki.

4. Kualitas sol sepatu,

Sebelum benar-benar membeli sepatu gunung, kalian wajib memilih sepatu dengan kualitas sol yang kuat. Fungsi dari sol sepatu yang berkualitas adalah tidak mudah menipis jika sering digunakan, menapak tajam saat berjalan di medan berbatu, dan licin.

Untuk kontur medan pendakian gunung di Indonesia, baiknya memilih jenis sol sepatu yang memiliki kelenturan yang sedang atau tidak elastis maupun tidak kaku. Selain itu, plihlah sol sepatu yang bergerigi maupun tapak kembang yang kasar, dengan bahan solnya bersifat semi elastis, elastis atau juga kaku. Hal ini agar sepatu bisa lebih menempel atau menggigit di tanah. (MC/PC)

Foto: dok. Eiger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.