Sepatu Jebol saat Naik Gunung? Ini Cara Reparasi Sementaranya

Ilustrasi sepatu gunung (Mounture.com/Rani)

Mounture.com — Saat melakukan pendakian ke gunung, sepatu merupakan salah satu perangkat wajib yang harus digunakan. Penggunaan sepatu saat mendaki gunung berguna untuk menjaga kaki agar tidak cedera, luka hingga untuk kenyamanan saat pendakian.

Adapun sepatu gunung memiliki kontur yang kuat untuk digunakan di segala medan, bahkan ada beberapa jenis sepatu gunung yang memiliki sifat anti-air atau waterproof. Akan tetapi, ketika sepatu gunung jarang digunakan, biasanya karet-karet pada sepatu menjadi getas, yang akan berakibat sepatu menjadi jebol saat digunakan.

Nah, apa jadinya ketika sepatu yang digunakan untuk mendaki gunung, tiba-tiba mengalami jebol solnya saat digunakan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara memperbaiki atau mereparasi sepatu yang jebol saat sedang melakukan pendakian.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki sepatu yang jebol saat pendakian. Biasanya memperbaiki sepatu yang jebol dilakukan dengan mengikat sol sepatu dengan menggunakan tali sepatu yang diikat mengelilingi sepatu.

Namun, ada cara lain yang bisa dicoba saat situasi mendesak, seperti menggunakan tetesan tali atau plastik yang dibakar. Pertama yang harus dipersiapkan ialah alat-alat pendukung yang sudah pasti dibawa, seperti korek api, tali plastik, atau plastik, serta ranting pohon.

Bakar tali atau plastik ke lokasi jebolnya sepatu, biasanya pada bagian sol bawah sepatu. Gunanya adalah tali atau plastik tersebut dijadikan sebagai lem sementara.

Usai membakar tali, dilanjutkan dengan menaruh tetesan dari bakaran tali tersebut ke sol sepatu yang jebol. Lalu, ratakan tetesan-tetesan tersebut dengan menggunakan ranting.

Perlu diingat, tindakan ini hanyalah untuk sementara, sebab hanya bisa bertahan dalam waktu yang tidak lama. Namun, setidaknya alternatif perbaikan ini bisa dilakukan untuk melangkah dengan aman saat turun gunung. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.