Mau Ke Puncak Gunung? Jangan Lupa Bawa Ini

(Mounture.com) — Dalam melakukan pendakian ke gunung, menggapai puncak tertinggi gunung yang didaki merupakan suatu motivasi dan ambisi hampir sebagian pendaki. Namun, bukan berarti dalam melakukan pendakian harus bisa mencapai puncak juga ya.

Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan jika ingin mencapai puncak gunung, baik itu fisik maupun mental. Karena puncak hanyalah sebuah bonus, karena yang lebih penting dalam sebuah pendakian adalah pulang dengan selamat.

Kendati demikian, tidak salahnya untuk melakukan pendakian hingga puncak, dengan catatan jangan memaksakan diri jika memang sudah tidak sanggup meneruskan perjalanan. Untuk itu, mempersiapkan segala perlengkapan, fisik dan mental adalah hal utama ketika akan menuju puncak gunung.

Berikut ini 7 perlengkapan yang wajib kalian bawa ketika akan ke puncak gunung.

1. Tas Lipat

Fungsinya adalah untuk membawa segala macam peralatan yang dibutuhkan, seperti makanan ataupun minuman dan juga perlengkapan lainnya yang diperlukan.

2. Air Minum

Ini sangat penting diperhatikan, membawa air minum adalah yang utama, pasalnya semakin tinggi puncak gunung maka kadar oksigen akan semakin rendah dan air minum khususnya air mineral dibutuhkan oleh tubuh.

3. Alat Penerangan

Ketika akan menuju ke puncak gunung biasanya akan dilakoni pada tengah malam atau dini hari, dikarenakan target mencapai puncak adalah untuk melihat matahari terbit. Oleh karena itu, membawa alat penerangan seperti senter diperlukan.

4. Makanan Ringan

Seperti kue kering, roti dan lain-lain perlu dibawa untuk mengisi perut di kala lapar, karena perjalanan ke puncak yang penuh dengan tantangan dan jalur yang ekstrim pastinya akan membuat stamina habis dan rasa lapar.

5. Kompor dan Cooking Set

Alat ini digunakan untuk memasak makanan instan ataupun membuat air hangat untuk menyeduh kopi atau teh saat dalam perjalanan ke puncak atau saat tiba di puncak demi menghangatkan tubuh di mana suhu di atas puncak gunung terbilang cukup dingin.

6. Jas Hujan

Perlengkapan ini mesti dibawa pasalnya kondisi cuaca di atas puncak yang sering tidak menentu yang membuat kita harus siap sedia jika tahu-tahu cuaca di atas hujan.

7. Emergency Blanket

Ini salah satu alat penting yang juga harus dibawa ketika akan menuju ke puncak, karena suhu di puncak yang ekstrim. Dan bisa sebagai alat bagi penderita hiportemia yang disebabkan oleh suhu dingin. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.