Kiat Perencanaan Sebelum Pendakian ke Gunung

Ilustrasi (dok. Denny Firmansyah)

Mounture.com — Belakangan ini, kegiatan mendaki gunung sedang digandrungi oleh banyak orang dan tengah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Hal itu terlihat dari peningkatan jumlah kunjungan beberapa gunung.

Namun, banyaknya peningkatan kunjungan wisata pendakian, tidak dibarengi dengan kemampuan individu dalam melakukan pendakian. Di mana sebagian pendaki khususnya pemula hanya terpukau dengan keelokan foto atau video yang disuguhkan di media sosial.

Padahal, kegiatan pendakian ke gunung merupakan salah satu aktivitas yang tidak sembarangan bisa dilakoni. Sebab, pendakian ke gunung memerlukan kemampuan, pengalaman hingga alat-alat yang mumpuni sebelum melakukan pendakian ke sebuah gunung.

Untuk itu, perlu mempersiapkan perencanaan sebelum melakukan pendakian. Berikut ini beberapa perencanaan sebelum melakukan pendakian ke gunung seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kenali gunung yang akan dikunjungi

Perlu mengenal gunung yang akan dikunjungi sangat penting. Gunanya agar kalian bisa memahami karakteristik gunung tersebut, hingga mengetahui situasi atau kondisi di lokasi. Cari tahu melalui banyak media untuk mengetahui secara detail gunung yang akan dikunjungi.

Selain itu, bisa juga mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang telah berpengalaman, atau yang pernah mendaki ke gunung yang akan kalian tuju tersebut. Gunanya agar kalian mengetahui secara pasti dan bisa mempersiapkan segalanya supaya kegiatan pendakian bisa berjalan dengan lancar.

2. Cari referensi gunung yang akan dikunjungi

Sebelum benar-benar mendaki ke gunung yang akan dituju, sebaiknya kalian mencari tahu referensi soal gunung. Mulai dari membaca catatan perjalanan orang lain, atau bisa bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman atau pernah berkunjung ke gunung tersebut.

Cari tahu mengenai lokasi, medan yang akan dilalui, jumlah pos, hingga persiapan apa yang harus disiapkan saat akan mendaki gunung itu.

3. Cari informasi cuaca

Informasi tentang cuaca kadang menjadi nomor kesekian yang dipikirkan oleh pendaki. Padahal cuaca sangat menentukan keberhasilan kalian dalam mendaki. Ketika musim hujan maka kalian wajib harus membawa pakaian ganti, jas hujan, dan membungkus barang kalian dengan kantong plastik.

Ini penting jika kalian musim hujan mau menjadi pendaki nekat maka kalian akan bertemu dengan salah satu pembunuh pendaki gunung yaitu hipotermia.

4. Peralatan

Hal ini tidak kalah penting dipersiapkan sebelum benar-benar mengambil keputusan untuk mendaki gunung. Peralatan yang mumpuni menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam sebuah pendakian. Sebab, mendaki gunung bukanlah aktivitas yang bisa disepelekan. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.