Kiat Memilih Peralatan Ultralight Hiking

Ilustrasi (dok. Cozmeed)

Mounture.com — Belakangan ini, pendakian menggunakan perlengkapan ultralight hiking mulai dikenal. Hal ini dikarenakan pendakian dengan menggunakan teknik ultralight hiking terbilang lebih ringkas dibandingkan dengan teknik konvensional.

Saat inipun peralatan ultralight hiking sudah banyak ditemui di toko-toko peralatan pendakian. Nah, bagi kalian yang berminat untuk meminang peralatan ultralight hiking ini, berikut ini beberapa kiat memiliki peralatannya seperti dikutip dari laman Cozmeed.

1. Material ringan

Peralatan atau perlengkapan disebut ultralight jika peralatan tersebut terbuat dari material yang ringan. Meski ringan, peralatan tersebut tidak akan mengurangi kadar keamanan sehingga pendaki tetap aman dan nyaman saat menggunakannya. Kendati berat maksimal suatu jenis perlengkapan untuk mendaki yang dikategorikan sebagai ultralight ini masih samar.

Menariknya dari perlengkapan ultralight hiking adalah ambang batas yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan pegiat ultralight hiking dalam lingkup tertentu. Misalnya di Indonesia ini berat barang ultralight hiking maksimal seberat 6 kilogram.

Adapun angka kesepakatan ini hanya berlaku dalam pendakian saja. Kesepakatan tersebut tidak mencakup barang yang mengalami penyusutan berat seperti makanan, bahan bakar dan berat.

2. Sesuaikan budget

Jika ingin menggunakan peralatan ultralight hiking ini, kalian bisa menyesuaikan dengan budget. Pasalnya, peralatan ultralight hiking ini terbilang mahal, sebab masih banyak produknya yang harus diimpor. Namun, ada beberapa model yang sudah bisa ditemukan di toko-toko perlengkapan pendakian kok.

Ada beberapa produsen yang saat ini fokus menggarap peralatan ultralight hiking, tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Kualitasnya pun juga tidak perlu diragukan lagi. Kalian bisa menyesuaikan pembelian perlengkapan ini dengan budget yang dimiliki.

3. Beli di tempat terpercaya

Jika kalian ingin mendapatkan perlengkapan ultralight hiking terbaik maka kalian bisa membeli di tempat terpercaya. Dengan membeli di tempat terpercaya ini, kalian akan mendapatkan produk original (ori) dan berkualitas.

Produk yang ori dan berkualitas ini lebih awet dan juga tahan lama saat digunakan. Saat peralatan tersebut digunakan untuk pendakian maupun kegiatan outdoor lainnya keamanannya tetap terjamin. Berbeda jika membeli di tempat abal-abal peluang mendapatkan produk KW lebih besar.

Ketika kalian menggunakan teknik atau gaya ultralight hiking pertimbangan berat dan beban yang akan dibawa ini sangat diperhitungkan.

Pertimbangkan perlengkapan ultralight hiking apa saja yang akan dibawa saat pendakian, karena perencanaan yang matang ini akan sangat bermanfaat dan membantu kalian dalam melakukan pendakian, selain itu juga membuat perjalanan pendakian lebih menyenangkan tidak melelahkan. (MC/CZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.