0

Cara Merawat Sleeping Bag

(Mounture.com) — Sleeping bag atau sering kali disebut dengan kantung tidur merupakan salah satu piranti yang harus dibawa kala melakukan pendakian ke gunung ataupun berpetualang di alam bebas. Berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan kehangatan pada saat kalian tidur di luar ruangan (outdoor).

Untuk menjaga agar sleeping bag ini tetap awet, ada beberapa tips cara merawatnya, yaitu:

1. Jika sleeping bag tidak sedang digunakan, lebih baik sleeping bag dikeluarkan dari kantungnya, hal ini karena untuk menjaga bulu-bulu sleeping bag tersebut. Atau kalian juga bisa menggantungnya pada gantungan baju.

Untuk kantung sleeping bag, sebaiknya jangan terlalu kecil agar tidak terlalu lembab. Dan sebaiknya jangan disimpan terlalu lama, tapi simpanlah di tempat yang longgar dan dikasih pengharum serta anti jamur.

2. Cara merawat sleeping bag yang tidak waterproof sedikit lebih sulit, oleh karena itu dibutuhkan tambahan yaitu sebuah kantung tidur plastik yang banyak sekali dijual di toko-toko.

Pada saat akan menggunakan, keluarkan sleeping bag dari kantung, tepuk-tepuk terlebih dahulu agar bulu-bulu pada sleeping bag dapat menyebar pada semua bagian. Adapun cara merawat sleeping bag ini harus benar-benar diperhatikan.

3. Cara merawat sleeping bag berikutnya yakni setelah digunakan.

Setelah sleeping bag digunakan, sebaiknya dijemur terlebih dahulu di atas tenda, dan sleeping bag yang mempunyai resleting yang penuh sebaiknya dibuka lebar pada saat menjemurnya.

Sleeping bag harus dicuci kalau sudah benar-benar kotor karena akan mengganggu kenyamanan pada saat digunakan. Dan cucilah dengan cara yang benar, yaitu jangan mencuci sleeping bag dengan bahan yang keras, seperti shampoo, dan akan lebih baik lagi jika menggunakan sabun atau shampoo yang khusus digunakan untuk mencuci peralatan outdoor.

Dan cara merawat sleeping bag ini dengan mencucinya secara manual, yaitu dicuci dengan tangan lalu bilas setelah itu diangin-anginkan tanpa harus terkena sinar matahari secara langsung. (MC/DC)

Foto: Rei.com