Ini Cara Rawat Karet Wiper dan Jendela

(Mounture.com) — Belakangan ini intensitas hujan di beberapa daerah di Indonesia terbilang cukup tinggi, hal ini pastinya akan membuat pengendara khususnya mobil memiliki jarak pandang yang terbatas karena derasnya hujan.

Hal ini pastinya akan membuat pengemudi diharuskan ekstra hati-hati karena potensi bahaya kecelakaan yang besar juga. Untuk itu, agar saat mengemudikan mobil tetap aman, rawatlah wiper dan karet jendela dengan baik, agar bisa berfungsi maksimal. Nah, berikut panduan merawat wiper dan karet jendela mobil seperti dilansir dari laman Auto2000.

1) Jagalah elastisitas wiper dan karet jendela mobil,

Selain terbuat dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil kalian. Nah, supaya bagian tersebut tetap terjaga maka jangan sering memarkirkan mobil di tempat yang sangat panas. Pasalnya, panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan akan berdampak pada wiper dan karet jendela.

2) Berhati-hati saat mencuci wiper dan karet jendela mobil,

Pada saat mencuci mobil, bagian wiper dan karet jendela tentunya bagian yang tidak terlewatkan untuk dibersihkan. Ternyata, kalian harus berhati-hati saat membilas bagian-bagian karetnya. Pada bagian wiper dan karet jendela mobil, terdapat cairan khusus yang berfungsi sangat penting. Fungsi tersebut adalah sebagai pelindung dan pelembab.

– Tips Merawat Wiper Mobil

Adapun cara merawat wiper yang benar adalah jangan membilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Kalian cukup menyiram wiper dengan air bersih dan lap permukaan karetnya dengan hati-hati. Biarkan air mengering sendiri dengan cara menegakkan wiper setelah kalian mencucinya.

Usai mencucinya dengan baik dan benar, maka kalian harus memberikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah terjadinya aus. Hal tersebut perlu dilakukan supaya perputaran pada wiper saat menyapu air dan kotoran pada saat musim hujan tidak terhambat. (MC/RIL)

Foto: dok. Auto2000