0

Selain Borobudur, Ini 9 Destinasi Wajib Dikunjungi di Magelang

(Mounture.com) — Tidak melulu Candi Borobudur, rupanya di Magelang, Jawa Tengah banyak menyimpan destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi loh. Mulai dari destinasi wisata alam gunung, hingga goa yang juga tidak kalah menyuguhkan panorama keindahan alam.

Berikut ini 9 destinasi wisata alam yang wajib kalian kunjungi ketika berlibur di Magelang, Jawa Tengah seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gunung Andong

Gunung yang memiliki ketinggian 1.728 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terbilang landai atau mungil jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya yang ada di sekitar wilayah Magelang, Jawa Tengah. Untuk mendaki ke gunung ini, kalian cukup menempuh waktu sekitar 2 jam saja untuk bisa sampai ke puncaknya, gimana tertarik?

2. Gondopuro Wangi

Gondopuro Wangi (Instagram/@badrika_capture)

Tempat ini menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telomoyo. Lokasi dari tempat ini berada di dusun Gempal, Kenalan, Kecamatan Borobudur. Kalau dari Candi Borobudur kalian bisa menempuh ke lokasi ini sekitar 20 menit. Untuk bisa mendapatkan pemandangan terbaik di Gondopuro Wangi ini, kalian harus datang pagi untuk melihat matahari terbit.

3. Candi Mendut

Candi Mendut (Instagram/@moefid)

Selain Candi Borobudur, di Magelang juga terdapat Candi Mendut. Candi Mendut ini memiliki usia yang lebih tua jika dibandingkan dengan Candi Borobudur loh.

4. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu (Instagram/@bookpacker)

Destinasi ini merupakan salah satu lokasi baru untuk menikmati keindahan kota Magelang dari ketinggian. Dari Punthuk Setumbu ini, kalian juga dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dari kejauhan.

5. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur (Instagram/@riizkyrf)

Destinasi ini menyuguhkan beberapa gardu pandang dengan tema dan ketinggian yang berbeda, dan tentunya dengan latar panorama alam yang berbeda pula. Lokasi dari Gardu Pandang Silancur ini terletak di Dusun Dadapan, Mangli, Kaliangkrik.

6. Goa Slandak

Goa Slandak (Instagram/@noorkell)

Lokasi dari Goa Slandak ini terletak di Dusun Grogol, Muneng Warangan, Pakis, Magelang. Destinasi ini berada di kawasan perbukitan yang dipenuhi oleh pohon pinus, jadi kalian akan disuguhkan pengalaman yang seru dan menarik ketika mengunjungi wisata alam ini.

7. Curug Silawe

Curug Silawe (Instagram/@enno_nonayk)

Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter, tak heran jika air yang jatuh seolah bergemuruh dengan keras. Bagi kalian yang tertarik untuk datang ke lokasi ini, kalian bisa mengunjungi Curug ini yang berada di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kajoran, Magelang.

8. Sendang Mudal

Sendang Mudal (Instagram/@fajarnasution)

Destinasi wisata yang berada di wilayah Kecamatan Sawangan, Magelang ini memiliki pesona berupa air yang sangat jernih. Saking jernihnya, kalian bahkan akan bisa melihat dasar Sendang Mudal ini yang memiliki kontur pasir secara langsung dari kolam.

9. Bukit Rhema

Bukit Rhema (Instagram/@jihanmotret)

Lokasi ini memiliki keunikan berupa bangunan gereja dengan arsitektur mirip ayam yang berdiri kokoh di atas bukit. (MC/RL)

Foto: Instagram/@badrika_capture