0

Kisaran Biaya Perlengkapan Pendakian

  • 29 Januari 2019 08:23

(Mounture.com) — Bagi kalian yang baru ingin melakukan pendakian ke gunung, maka diharuskan mempersiapkan segalanya dengan matang, tidak hanya fisik dan mental tetapi juga manajemen dan perlengkapan pendakian.

Perlengkapan pendakian haruslah benar-benar yang sesuai standar agar tetap safety, dan tentunya membutuhkan biaya yang cukup banyak. Berikut ini kisaran biaya beberapa perlengkapan wajib mendaki yang harus dipenuhi seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tas Carrier

Barang ini merupakan piranti untuk kalian membawa barang-barang saat mendaki gunung. Pilihlah sesuai dengan postur tubuh, kebutuhan dan juga biaya yang kalian miliki. Untuk kisaran biaya untuk tas carrier mulai dari Rp400 ribu hingga Rp5jutaan, tergantung merek dan kualitas.

2. Jaket Gunung

Diantara beberapa perlengkapan mendaki yang paling dasar dan harus dipenuhi adalah jaket, namun jaket yang harus digunakan juga harus dengan jaket yang cocok digunakan untuk di gunung. Utamakan memilih jaket gunung yang memiliki fiturwaterproof dan weatherproof. Untuk kisaran harganya, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp2 jutaan.

3. Sepatu Gunung
Sepatu gunung ini merupakan salah satu piranti yang wajib untuk dimiliki. Pasalnya desain dan bahan yang digunakan pada sepatu gunung ini memang sudah ditujukan untuk trek di gunung. Fitur sepatu gunung juga mesti diperhatikan, setidaknya sepatu gunung haruslah memiliki fitur waterproof. Kisaran biayanya adalah mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

4. Tenda Dome

Tenda merupakan salah satu perlengkapan yang harus dipenuhi namun tidak bersifat individu, pasalnya tenda ini akan dipergunakan sebagai kelompok. Yang perlu diketahui bahwa tenda ini memiliki banyak macamnya dan juga merek, maka dari itu untuk biaya perlengkapan mendaki menjadi tidak bisa ditargetkan. Untuk harga, tenda ini dibanderol mulai dari Rp700 ribu hingga Rp10 juta.

Dari beberapa perlengkapan mendaki yang sudah disebutkan diatas bisa menjadi refrensi bagi kalian dan bisa menjadi acuan biaya perlengkapan mendaki. Dengan mengetahui harga masing-masing perlengkapan akan memudahkan menyiapkan dana yang mencapai kisaran Rp5 jutaan. (MC/DC)

Foto: dok. vtsports.com