Ini Kuliner Khas Kabupaten Batang

Makanan khas Kabupaten Batang, Megono – Foto: inas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang

Mounture.com — Kabupaten Batang yang berada di Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah yang ada di Pantai Utara Jawa.

Dikenal sebagai daerah pesisir, Batang tidak hanya memiliki destinasi wisata pantai, tetapi wisata kuliner juga perlu dicoba.

Dikutip dari laman Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang, berikut ini beberapa makanan khas yang ada di Kabupaten Batang.

BACA JUGA:

Air Terjun Jumog, Salah Satu Wisata Alam Memukau di Karanganyar

Rekomendasi Wisata Curug di Garut

1. Lontong Lemprak

Makanan khas Kabupaten Batang ini disajikan secara lesehan (dalam bahasa Batang ‘lemprakan’ sama dengan lesehan) ini banyak tersedia di Alun-alun Kota Batang. Makanan ini memiliki bahan dasar lontong yang disiram oleh kuah opor santan berbumbu pilihan.

2. Megono

Megono adalah makanan khas Kabupaten Batang dan sekitarnya, yang banyak terjual di Alun-alun Kota Batang. Makanan dengan bahan nangka muda berbumbu pilihan ini biasanya dipadukan dengan tempe tepung goreng dan sate.

3. Serabi Kalibeluk

Kuliner ini merupakan makanan khas Kabupaten Batang bertempat di desa Kalibeluk kecamatan Warungasem. Serabi Kalibeluk berbeda dengan serabi lainnya.

Sebab, serabi ini berukuran lebih besar yaitu seukuran mangkuk dengan cita rasa yang khas. Jika Anda berminat melihat cara pembuatannya, dapat berkunjung ke desa Kalibeluk kecamatan Warungasem.

4. Teh Kampoeng

Tak hanya makanan, Kabupaten Batang juga memiliki minuman khas yaitu teh kampoeng yang merupakan teh otentik dari desa. Terbuat dari pucuk daun teh berkualitas tinggi yang dipetik dari perkebunan rakyat, diolah secara tradisional oleh industri rumahan yang dikelola oleh para petani perempuan.

Diproses dengan metode uyeg (secara manual) dengan menggunakan alat-alat tradisional warisan tradisi masa lalu secara turun-temurun membuat Teh Kampoeng tradisional terbebas dari residu logam dan zat kimia apapun, sehingga menghasilkan rasa yang khas, nikmat, dan berkhasiat sangat baik bagi kesehatan.

(mc/ril)