Ini Wisata Alam Menarik di Temanggung

(dok. https://laman.temanggungkab.go.id/)

Mounture.com — Ketika memasuki masa liburan atau akhir pekan, melakukan perjalanan keluar kota bisa menjadi alternatif melepas kepenatan akan rutinitas harian. Adapun salah satu kota yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata adalah Temanggung, Jawa Tengah.

Destinasi wisata di Temanggung didominasi oleh wisata alam yang menyuguhkan keindahan dan kesegaran, sangat cocok dan tepat untuk menghilangkan penat dan stress. Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten Wonosobo. Sebagian besar wilayah Temanggung merupakan dataran tinggi dan pegunungan.

Nah, berikut ini beberapa destinasi wisata alam yang cocok kalian kunjungi di Temanggung, Jawa Tengah.

1. Gunung Kendil

Gunung ini memiliki ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski tidak terlalu tinggi, namun gunung ini menyuguhkan panorama alam yang cukup indah. Gunung Kendil menyajikan keindahan alam dari ketinggian yang bisa disaksikan dari puncaknya.

Perjalanan ke puncak gunung ini dari Basecamp Sibajag akan memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Biasanya wisatawan atau pendaki melakukan perjalanan pada selepas sholat Subuh. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan momen matahari terbit di puncak.

2. Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong terletak di Kledung, Temanggung, di mana lokasi ini menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan. Lokasi ini terbilang strategis, di mana berada di padang savana Kledung. Lokasi ini tepatnya berada di Jalan Parakan Wonosoba KM. 9, Kecamatan Temanggung, Kab. Temanggung.

3. Watu Layah

Lokasi wisata yang berada di Desa Tlogopucang ini memiliki panorama alam berupa pegunungan dan hamparan hutan pinus yang asri. Saat pagi hari, pengunjung akan disuguhkan keindahan alam berupa kabut yang pekat menyelimuti wilayah ini.

4. Embung Kledung

Embung Kledung terletak di Kecamatan Kledung, di lokasi ini wisatawan bisa berkunjung mulai dari pukul 06.00 – 17.00 WIB. Embung Kledung merupakan merupakan waduk kecil yang berfungsi untuk penampungan air di Temanggung. Awalnya Embung digunakan oleh warga sekitar untuk sumber air di musim kemarau, dan lambat laun dijadikan tempat wisata baru.

5. Curug Titang

Curug Titang yang berada di Jalan Durenan, Kec. Temanggung ini menawarkan panorama berupa jatuhan air terjun langsung yang mengarah ke dasar tebing. Ketinggian air terjun ini diperkirakan lebih dari 20 meter.

Di lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk rafting dan panjat tebing. Pada sebuah sisi tebing terdapat sumber mata air yang langsung mengarah ke aliran sungai. Bebatuan kali atau sungai banyak ditemukan di sepanjang aliran sungai di sekeliling kolam dasar air terjun.

Selain itu di area ini juga sering diadakan ritual keagamaan masyarakat muslim sehari sebelum bulan puasa dan hari raya Idulfitri maupun Iduladha. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.