Ini Tahapan Booking Online Mendaki Gunung Merbabu

Pemandangan dari Gunung Merbabu (Mounture.com/Ayyfitria)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) akan mulai memberlakukan sistem booking online untuk pendakian ke Gunung Merbabu pada 14 Juni 2021 mendatang. Adapun pada sistem baru ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui pendaki.

Untuk tahapan pertama, yaitu calon pendaki bisa melakukan booking online melalui laman https://bookingmendakimerbabu.com/booking/. Sebelum melakukan pendaftaran, calon pendaki diminta untuk melakukan pengecekan pada kuota pendakian, dan setelahnya menentukan jalur pendakian yang akan digunakan. Untuk saat ini, pendakian lintas jalur masih belum diperbolehkan.

Selanjutnya, calon pendaki masuk pada menu Destinasi Wisata, dan pilih destinasi sesuai dengan jalur pendakian, kemudian pilih ‘Booking Sekarang’. Lalu, calon pendaki diminta untuk mengklik persetujuan persyaratan pendakian, membawa barang-barang yang ditentukan, serta bersedia menaati peraturan yang ada pada Taman Nasional Gunung Merbabu, kemudian klik ‘Daftar’.

Setelah itu, pilih tanggal pendakian dengan kuota yang masih tersedia, kemudian isi formulir pendakian dengan data yang sesuai. Pastikan data sesuai dan benar, agar mempermudah proses ketika di basecamp nantinya.

Setelah data sudah sesuai, klik tombol ‘Hitung Biaya Tiket’ untuk menampilkan biaya yang perlu dibayarkan nantinya pada saat di basecamp pendakian dan informasi tambahan bagi calon pendaki. Jika sudah sesuai, klik ‘Kirim Booking’, kemudian calon pendaki akan mendapatkan bukti booking melalui e-mail, dan mohon bukti ini disimpan dan ditunjukan pada petugas jalur pendakian saat hari pendakian.

Adapun tahapan selanjutnya adalah saat memulai pendakian. Di mana, calon pendaki diminta untuk menunjukkan Bukti Booking ke petugas jalur pendakian untuk dilakukan Scan QR Code dan validasi data. Selanjutnya, calon pendaki melakukan pembayaran ke petugas jalur pendakian.

Setelah itu, petugas jalur pendakian akan melakukan pengecekan barang bawaan pendaki, untuk kemudian pendaki dipersilahkan memulai pendakian.

Tahapan terakhir, yaitu setelah selesai pendakian. Pendaki harus memastikan barang bawaan dan sampah dibawa turun bersama. Setelah sampai pada pintu jalur pendakian, tunjukan bukti booking untuk dilakukan scan QR Code untuk pengecekan data anggota rombongan. Lalu, pengecekan barang bawaan oleh petugas jalur pendakian, dan pendaki dipersilakan untuk pulang. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.