Ini Kendaraan Pengangkut Pendaki, Kalian Pernah Naik yang Mana?

Kendaraan Jip yang digunakan pendaki untuk ke Desa Ranupani (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Berangkat menuju ke titik awal pendakian, pastinya pendaki memerlukan moda transportasi untuk menuju kesana. Adapun moda transportasi yang tersedia untuk menuju ke titik awal pendakian biasanya pun terbatas, karena akses jalan yang kurang memadai hingga jauhnya akses dari kota.

Selain kendaraan pribadi, pendaki biasanya akan menggunakan moda transportasi yang berbeda untuk menuju ke titik awal pendakian. Nah, berikut ini beberapa kendaraan pengangkut pendaki yang sering digunakan untuk menuju ke titik awal pendakian.

1. Ojek motor

dok. Instagram/@lndrhmdn

Kendaraan roda dua ini biasanya banyak terdapat di beberapa gunung di sekitar basecamp pendakian. Rata-rata ojek motor yang ada di sekitar wilayah gunung yang akan didaki relatif memiliki keunikan, dan pengemudinya pun terbilang mahir berkendara melalui jalan yang memiliki kontur tidak bagus.

2. Jip

Mounture.com/DenChito

Kendaraan jenis ini biasanya sering ditemui pendaki di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk mengangkut pendaki menuju ke destinasi seperti desa Ranupani atau Gunung Bromo. Adapun kendaran jenis jip ini terbilang kuat dan sanggup melahap jalur-jalur non-aspal dengan mudah.

3. Truk

Mounture.com/DenChito

Kendaraan besar ini cocok untuk digunakan mengangkut pendaki. Sebab, kapasitas truk biasanya bisa mengangkut banyak pendaki, dan pendaki pun bisa lebih murah dalam hal biaya karena bisa patungan untuk membayar sewa truk tersebut.

4. Mobil bak

dok. Mounture.com

Hampir sama dengan truk, mobil bak terbuka ini juga bisa memuat banyak pendaki, namun tidak sebanyak dengan menggunakan truk. Namun, di beberapa wilayah gunung kendaraan ini menjadi salah satu pilihan untuk bisa menuju ke titik awal pendakian.

5. Angkutan kota

Mounture.com/Danang

Mesti di beberapa gunung tidak terdapat kendaraan umum, namun biasanya rombongan pendaki akan melakukan penyewaan angkutan kota (angkot) ini untuk mengantarnya menuju ke titik awal pendakian. Uniknya, muatan pendaki seringkali ditaruh di atas kendaraan jika kapasitas mobil sudah tidak cukup.

6. Helikopter

dok. Instagram/@choppa270

Mesti terdengar aneh, namun pendaki bisa menggunakan moda transportasi ini untuk menuju ke Puncak Cartenz di Papua. Tapi biaya penyewaannya moda transportasi ini terbilang cukup mahal. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.