Ini Fungsi Handy Talkie untuk Pendakian

(Mounture.com) — Handy Talkie (HT) merupakan salah satu alat komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio. Piranti ini menjadi alat komunikasi vital ketika sinyal ponsel tidak ada di suatu tempat, salah satunya adalah di gunung.

Mesti tidak semua pengelola gunung memperbolehkan penggunaan HT kepada pendaki saat pendakian, namun piranti ini merupakan salah satu alat komunikasi penting untuk memantau kondisi tim pendakian.

Penggunaan HT bisa berfungsi untuk memantau pergerakan tim di jalur pendakian, berbagi informasi sesama tim terkait kondisi jalur, berkabar mengenai kondisi kesehatan anggota tim hingga untuk situasi darurat.

Selain itu, HT juga bisa berguna untuk berkomunikasi dengan basecamp pendakian untuk update cuaca hingga meminta bantuan ketika ada masalah di jalur pendakian.

Dalam sebuah pendakian, idealnya dalam 1 tim pendakian berjumlah 6-10 orang dengan HT berjumlah 3 yang aktif digunakan. Adapun HT pertama dipegang oleh leader atau orang yang berada di baris depan, kemudian 1 HT lainnya dipegang pendaki di posisi tengah, dan 1 HT lagi dibawa oleh sweeper atau orang dengan posisi paling belakang.

Adapun posisi HT di tengah berfungsi sebagai stasiun relay ketika jarak antara leader dan sweeper terlalu jauh hingga tidak bisa berkomunikasi langsung satu sama lainnya. (MC/PC)

Foto: dok. Cozmeed

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.