0

Ini Ciri Khas Wonosobo yang Tidak Boleh Dilewatkan

 

(Mounture.com) — Wonosobo, Jawa Tengah yang identik sebagai kota wisata alam ini terkenal dengan panorama alam pegunungannya. Mulai dari Dieng, Sikunir, Prau, Sindoro hingga Sumbing.

Selain wisata alam, Wonosobo juga menyimpan pesona khas lainnya mulai dari kuliner, hingga tradisi yang sayang jika dilewatkan. Berikut ini beberapa ciri khas Wonosobo seperti dirangkum dari akun Instagram @yuliafedorovski.

1. Carica
Hampir semua orang mengenal buah yang sangat populer di Wonosobo ini, buah yang mirip dengan pepaya ini bisa dikatakan sebagai tanaman khas di Dieng. Buah ini juga yang disebut menjadi salah satu penyebab Wonosobo menjadi percontohan ekonomi kreatif ‘1 village, 1 product’ di Asia Tenggara.

Jadi tak heran bila disini banyak sekali pilihan oleh-oleh berbagai merek dan tentunya hampir semua produk lokal.

Carica

2. Mie ongklok
Ada yang bilang, ‘Kamu belum ke Wonosobo kalau belum mencoba mie ongklok’. Coba deh! Ditempat lain, belum pernah menemukan hidangan ini dan pasti beda banget dengan cita rasa masakan mie lainnya.

Mie Ongklok

3. Kelembak Kemenyan atau Togog.
Ini merupakan sejenis rokok yang berisi 6 batang dan memiliki harga yang sangat ekonomis. Aroma rokok ini memiliki bau yang khas dan berbeda dengan rokok biasanya.

Rokok

4. Goreng-Gorengan (mendoan, dan lain-lain)
Panganan ini memang akan mudah dijumpai dimana pun. Meski memiliki bentuk sama, tapi memiliki rasa dari Mendoan di Wonosobo ini terbilang berbeda. (MC/DC)

Gorengan Mendoan

Sumber dan Foto: Instagram/@yuliafedorovski dan @novemlawalata