0

Hindari Hal Ini Saat Pendakian ke Gunung

(Mounture.com) — Melakukan kegiatan pendakian ke gunung merupakan salah satu aktivitas yang penuh dengan tantangan. Untuk itu, segala persiapan baik dari sisi mental hingga fisik harus benar-benar dipersiapkan secara matang.

Selain itu, beberapa kebiasaan yang sering dilakukan pun harus sebisa mungkin untuk ditahan saat melakukan pendakian ke gunung, agar pendakian kalian bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan sedikit pun.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dihindari ketika melakukan pendakian ke gunung agar tidak membahayakan diri ataupun orang lain, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Malas gerak,

Perilaku ini harus dibuang jauh ketika melakukan pendakian, pasalnya cuaca dingin di gunung mengharuskan kalian harus banyak melakukan kegiatan. Jika kalian malas gerak, maka kalian bisa berpotensi terkena penyakit hipotermia akibat kedinginan.

2. Pisah dari rombongan,

Ketika melakukan pendakian bersama rombongan, sebaiknya kalian tetap berada pada barisan rombongan pendakian kalian. Jangan sesekali melakukan hal gegabah seperti berpencar dari rombongan karena ingin duluan sampai di tempat camp atau puncak.

Alasan kenapa dilarang untuk berpencar dari rombongan adalah kebanyakan pendaki nyasar karena berpencar, selain itu bahaya kalau ada binatang buas, dan juga kalau tertimpa musibah di jalur pendakian kalian tidak ada yang menolong jika berpencar.

3. Sombong dan Egois,

Sifat ini selalu berbahaya di manapun jika ada di diri kalian, jika di gunung sombong bakalan membuat kalian mudah celaka. Kendati merasa percaya diri bukan berarti kalian harus sombong bener.

Selain itu, sifat egois pun sebisa mungkin dihindari ketika melakukan pendakian ke gunung. Pasalnya, sifat egois akan membuat kalian merasa paling benar sendiri dan hal itu pastinya tidak akan disuka oleh teman-teman pendakian kalian yang bisa berakibat kalian dijauhi.

4. Pelit,

Sifat ini juga akan membuat kalian tidak disukai oleh pendaki-pendaki lain. Di mana pendaki gunung terbilang orang yang memiliki solidaritas yang tinggi dan tidak pelit. Mereka biasanya akan menolong sesama pendaki lain tanpa meminta imbalan apapun, jadi ketika melakukan pendakian ke gunung kalian jangan sesekali memiliki sifat pelit ya. (MC/RL)