0

Gunung Bunder Dengan Pesona Curug Alami

 

(Mounture.com) — Bogor yang dikenal dengan sebutan kota hujan merupakan salah satu kota yang memiliki banyak objek wisata untuk dikunjungi ketika berlibur di akhir pekan.

Terlebih lagi, jarak Kota Bogor dengan Ibukota Jakarta cukup dekat, jadi sangat disayangkan untuk tidak mengeksplor kota ini.

Salah satu tempat wisata yang bisa kalian kunjungi ketika ke kota Bogor adalah Gunung Bunder. Waktu tempuhnya dari Jakarta kurang lebih hanya dua jam. Rute perjalanannya cukup mudah. Dari Kota Bogor, kalian bisa mengambil arah ke Kampus IPB Dramaga dan terus mengikuti jalan ke arah Ciampea.

Gunung Bunder termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan kawasan hutan disini sebagian besar dipenuhi oleh pohon pinus. Dengan ketinggian antara 750-1.050 meter di atas permukaan laut (mdpl), lokasi Wisata Gunung Bunder adalah tempat yang sejuk dan masih cukup alami. Lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata alam selain kawasan puncak yang sudah cukup padat.

Di kawasan Gunung Bunder, kalian bisa menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Curug Cigamea, Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Cadas, dan Curug Seribu, Pemandian Air Panas. Selain itu, terdapat juga kawasan wisata Kawah Ratu.

Mounture.com/DenChito

1. Curug Cihurang
Curug ini relatif aman untuk dikunjungi dan curug terdekat dari jalan masuk di kawasan TNGHS. Selain air terjun, di sini juga tersedia camping ground dan fasilitas bermain lainnya. Oleh karena itu, curug ini terbilang sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga.

2. Curug Seribu
Curug Seribu adalah curug yang paling favorit di tempat ini. Untuk bisa sampai ke curug seribu, kalian harus berjalan sekitar satu jam dari lokasi tempat parkir. Ditengah perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan yang alami.

Belum lagi masih banyak kera yang bergelantungan di pohon menyambut kedatangan para wisatawan. Sesampainya di curug seribu, kalian akan menemukan pemandangan yang indah, air terjun dengan debit air yang deras turun dari atas ketinggian kurang lebih 100 meter. Kalian pun bisa turun dan bermain di bawah tetesan air yang deras, namun harus tetap berhati-hati.

3. Curug Ngumpet
Lokasi curug ini terbilang cukup dekat dengan tempat parkir, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Ketinggian curug ini pun hanya sekitar 30 meter saja. Debit airnya tidak terlalu deras. Sangat pas jika ingin berenang di bawah turunnya air dan bersantai di bebatuan pinggir curug.

4. Curug Cigamea
Curug ini merupakan salah satu favorit, dan hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. Curug ini pun hampir mirip dengan Curug Ngumpet. Tidak terlalu tinggi, namun memberikan pemandangan yang indah. Lokasi curug ini tidak terlalu jauh dibanding dengan Curug Seribu.

Di lokasi ini kalian akan menemui banyak warung. Sehingga sambil menikmati keindahan curug, kalian bisa minum kopi atau teh bahkan menyantap mie instan di tengah dinginnya udara disini.

5. Curug Cadas Ngampar
Curug ini merupakan air terjun yang memiliki banyak batuan cadas. Batuan cadas terhampar luas di sepanjang aliran sungai di sebelah bawah. Cadas yang terhampar inilah yang digunakan penduduk sebagai nama curug yang letaknya berada di ujung bebatuan ini.

Di ujung bebatuan itu terdapat kolam alam berada di bawah curug yang bisa digunakan untuk bermain air. Di kawasan ini, pengunjung juga bisa menemukan beberapa lokasi air terjun seperti di Curug Pengantin dan Curug Putri. (MC/DC)

Foto: jejakpiknik.com