0

5 Gunung Favorit di Jawa Barat

(Mounture.com) — Aktivitas pendakian gunung di Indonesia saat ini sedang marak digandrungi belakangan ini. Tidak hanya para pemuda, tetapi juga orang tua pun ikut meramaikan kegiatan pendakian ke gunung-gunung yang berada di Indonesia.

Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, ada beberapa gunung yang berada di beberapa wilayah, khususnya Jawa Barat menjadi tempat favorit para pendaki. Berikut ini 5 gunung favorit yang ada di Jawa Barat yang sering dikunjungi oleh para pendaki, baik pendaki pemula maupun profesional.

1. Gunung Gede Pangrango

Gunung yang terletak di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi ini memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl) untuk gunung Gede dan 3.019 mdpl untuk gunung Pangrango. Kedua gunung yang berdekatan ini memiliki keindahan berupa hamparan edelweis di alun-alun Suryakencana (gunung Gede) dan Mandalawangi (gunung Pangrango).

2. Gunung Papandayan

Gunung ini terletak di Kabupaten Garut dengan ketinggian mencapai 2.665 mdpl. Gunung yang memiliki pesona berupa kawah belerang di sepanjang trek pendakian ini terbilang memiliki jalur yang cukup ramah bagi pendaki pemula. Menariknya, gunungapi berbentuk strato ini juga memiliki padang edelweis luas, yaitu Tegal Alun.

3. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.820 mdpl. Gunung ini terkenal dengan trek-nya yang ‘menyiksa’ di mana dari titik awal pendakian kalian akan dihadapkan dengan jalur menanjak tanpa adanya ‘bonus’. Namun, gunung ini memiliki pesona berupa ‘negeri di atas awan’ ketika berada di puncaknya.

4. Gunung Ciremai

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan lokasi di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka yang memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian resmi, yaitu Apuy, Linggarjati, Palutungan dan Linggasana.

5. Gunung Salak

Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor dengan ketinggian 1.678 mdpl. Gunung Salak yang terkenal dengan kisah mistis-nya ini memiliki pesona berupa kawah belerang, yaitu kawah ratu. (MC/RL)