0

Sekilas Tentang Gunung Sumbing dan Estimasi Waktu Pendakian

  • 7 Juli 2018 09:12

(Mounture.com) — Gunung Sumbing yang terletak di Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang merupakan tertinggi ketiga di Pulau Jawa ini memiliki jalur pendakian populer yakni melalui Garung. Kali ini, mounture.com mencoba mengulas sekilas tentang Gunung Sumbing yang berhadapan langsung dengan Gunung Sindoro ini.

Gunung Sumbing sendiri memiliki kawah yang luas. Gunung ini pun memiliki tiga puncak yaitu Puncak Buntu, Puncak Kawah, dan Puncak Rajawali yang tertinggi. Menariknya, gunung ini juga memiliki makam atau petilasan Ki Ageng Makukuhan yang mana setiap tanggal 21 Ramadhan, warga di kaki Gunung Sumbing akan melakukan ziarah.

Adapun estimasi untuk waktu pendakian Gunung Sumbing dari Basecamp ke Puncak kurang lebih dapat ditempuh selama 8-9 jam perjalanan. Sementara untuk rinciannya adalah dari Basecamp ke Pos I dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan ojek.

Selanjutnya dari Pos I ke Pos II dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan, dilanjut selama 1,5 jam perjalanan dari Pos II ke Pos III dan dari Pos III ke Pestan ditempuh selama 30 menit, kemudian Pestan ke Pasar Watu 1,5 jam perjalanan.

Dari Pasar Watu ke Watu Kotak akan memakan waktu perjalanan 2 jam, Watu Kotak-Puncak Buntu-Puncak Kawah 1 jam perjalanan dan Puncak Kawah-Puncak Rajawali 30 menit. Dengan catatan, waktu tersebut ditempuh berdasarkan kecepatan dari masing-masing pendaki serta banyaknya rombongan pendakian.

Sekedar informasi, setelah tiba di Watu Kotak, dan akan melanjutkan perjalanan ke Puncak Sumbing maka kalian akan menemui jalur yang didominasi batu-batuan besar dengan kontur jalan menanjak. Sebelum ke Puncak Buntu, kalian akan menemui pertigaan dimana jika lurus akan menuju ke Puncak Buntu, dan belok kanan akan menuju ke Puncak Kawah dan Puncak Rajawali.

Puncak Kawah sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan Puncak Buntu, meskipun Puncak Kawah bukanlah puncak tertinggi. Dan jika menuju ke Puncak Kawah, akan ditemui jalur melipir tebing kecil yang terbilang cukup ekstrim. Setelah Puncak Kawah, kalian harus menurun dan kembali menanjak dengan kemiringan yang cukup curam untuk menuju ke Puncak Rajawali.

Sebagai catatan, jika ingin mendaki ke Gunung Sumbing ada baiknya kalian mempersiapkan segala peralatan yang di wajibkan bagi pendaki. Selain itu, persiapkan juga logistik dengan baik terutama air, pasalnya tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian. (MC/DC)

Foto: Dok. Instagram