0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Panderman via Dukuh Toyomerto

Instagram/@djuanh23

Mounture.com — Gunung Panderman merupakan gunung yang berlokasi di kota Batu, Malang, Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 2.045 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu bisa dibilang sebagai lokasi favorit untuk melakukan liburan akhir pekan bersama teman, ataupun pasangan.

Gunung ini memiliki dua jalur pendakian, diantaranya via Dukuh Toyomerto dan Curah Banteng. Adapun jalur pendakian favorit, yaitu melalui Dukuh Toyomerto di Desa Pesanggrahan, di mana pendakian melalui jalur ini lebih cepat dan memiliki medan yang cukup ramah terutama untuk pendaki pemula.

Melalui jalur pendakian Dukuh Toyomerto, kalian akan melewati 3 pos pendakian sebelum menuju ke puncak, di mana waktu yang ditempuh sekitar 3-4 jam perjalanan. Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Panderman via Dukuh Toyomerto.

1. Basecamp – Pos 1 (Sumber Air)

Perjalanan dari basecamp ke Pos 1 terbilang cukup mudah dan belum terlalu menguras banyak tenaga dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Selain itu, di Pos 1 ini kalian akan menemukan lokasi sumber air.

2. Pos 1 – Pos 2 (Latar Ombo)

Dari Pos 1 ke Pos 2, kalian akan melintasi jalur berupa semak belukar dengan kontur jalan yang mulai menanjak dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Pos 2 Gunung Panderman ini biasa disebut Latar Ombo, di mana berada pada ketinggian 1.600 mdpl.

3. Pos 2 – Pos 3 (Watu Gede)

Perjalanan dari Pos 2 ke Pos 3 akan ditempuh selama 1 jam perjalanan dengan kontur jalan yang terus menanjak. Namun perjalanan akan semakin mengasyikkan, sebab akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Arjuno Welirang dan sebagian keindahan Kota Batu.

4. Pos 3 – Puncak Basundara

Dari Pos 3 menuju ke puncak ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan, di mana kalian akan menemui jalur yang agak terjal dengan kemiringan mencapai 80 derajat. Disarankan untuk pendaki agar berhati-hati, dan selalu waspada dengan memperhatikan jalur, yang mana seringkali ada bebatuan yang terhempas dari pijakan yang bisa mengenai pendaki lain di bawah.

Dari lokasi Puncak Basundara ini, kalian bisa melihat kegagahan Gunung Arjuno Welirang dan Semeru secara jelas, serta keindahan Kota Batu.

Perlu diingat, ketika ingin mendaki ke Gunung Panderman, kalian harus mematuhi semua ketentuan yang telah diterapkan pihak pengelola, seperti dilarang membawa sampah botol plastik, tisu basah, menjaga ucapan dan tingkah laku selama pendakian, serta wajib lapor kepada petugas saat akan naik dan turun gunung.

Adapun estimasi waktu ini hanyalah sebuah gambaran, waktu tempuh bisa berbeda antar individu tergantung dengan kondisi fisik dan mental masing-masing. (MC/PC)