0

Catatan Perjalanan Darat Jakarta-Malang

  • 14 November 2018 08:58

(Mounture.com) — Berlibur keluar kota merupakan salah satu kegiatan yang selalu ditunggu, karena liburan pastinya akan melepaskan kepenatan dari rutinitas yang dihadapi. Adapun berlibur keluar kota mempunyai pilihan moda transportasi, baik darat, laut maupun udara.

Nah kali ini, tim ekspedisi Mounture.com mencoba perjalanan berlibur ke kota Malang, Jawa Timur dengan menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadi, Mitsubishi Xpander dari Jakarta. Menempuh jarak kurang lebih 700 kilometer, waktu yang dihabiskan sekira 18 jam perjalanan.

Dari Jakarta, tim melintasi jalur bebas hambatan Cikampek-Palimanan-Kanci-Brebes Timur. Kemudian dilanjutkan mengarungi jalur pantai utara Jawa menuju ke jalur tol Kendal, Jawa Tengah untuk kemudian menuju ke Salatiga dan dilanjutkan kembali ke jalur non tol Salatiga-Ngawi.

Dari Ngawi, tim ekspedisi kembali masuk ke jalur bebas hambatan hingga ke Nganjuk, dilanjut ke arah Kediri, Kandangan, Pujon, Batu dan Malang. Total biaya yang dihabiskan untuk bahan bakar selama perjalanan dari Jakarta-Malang sekira Rp500 ribu untuk biaya bensin RON 90 (Pertalite) dengan harga per liter Rp7.800.

Adapun kondisi sepanjang jalur dari Jakarta-Malang terbilang cukup bagus, walau ada beberapa jalur yang agak bergelombang namun secara garis besar jalanan cukup baik dan tidak ada jalur yang berlubang. Kendati demikian, ketika masuk ke malam hari ada beberapa titik yang masih minim penerangan jalan baik di jalur tol maupun yang bukan tol. (MC/DC)