Wow! Wisatawan Asing Dominasi Kunjungan ke Gunung Rinjani

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mencatat jumlah pengunjung selama periode 14 Juni – 16 Desember 2019 mencapai 15.578 orang. Adapun jumlah tersebut berdasarkan dari total data pendaki yang melalui 4 jalur pendakian resmi, yakni Sembalun, Senaru, Aikberik dan Timbanuh.

Dari jumlah pengunjung selama periode tersebut, tercatat wisatawan asing mendominasi jumlah kunjungan ke Gunung Rinjani dibandingkan dengan wisatawan lokal.

Adapun jumlah dari wisatawan asing yang melakukan pendakian ke gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mencapai 12.190 orang. Sedangkan untuk jumlah wisatawan lokal mencapai 3.388 orang.

Secara rinci, jumlah kunjungan wisatawan asing di pintu Senaru mencapai 10.958 orang, pintu Sembalun 738 orang, pintu Aikberik 184 orang dan pintu Timbanuh 310 orang. Sementara untuk wisawatan lokal, rinciannya adalah pintu Senaru sebanyak 340 orang, pintu Sembalun 1.758 orang, pintu Aikberik 261 orang dan pintu Timbanuh 1.029 orang.

Dari data yang tercatat, pendakian Gunung Rinjani melalui pintu Senaru masih menjadi jalur pendakian favorit para wisatawan dibandingkan ketiga jalur pendakian lainnya yang ada di gunung tersebut. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.