Wow! Sampah di Gunung Rinjani Capai 8 Ton

Tim Clean Up Rinjani saat melakukan penimbangan sampah, beberapa waktu lalu (Foto: dok. TN Gunung Rinjani)

Mounture.com — Seksi Pengelolaan TN Wilayah 1 (SPTNW 1) Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengungkapkan hingga November 2022 jumlah sampah yang ada di Gunung Rinjani mencapai delapan ton.

“Jumlah sampah di Gunung Rinjani sudah sangat besar pada tahun 2022 bulan November jumlah berat sampah di Rinjani sudah mencapai 8.867,14 kilogram,” tulis akun instagram SPTNW 1 TNGR (@rinjaninationalpark_sptn1), akhir pekan lalu.

BACA JUGA: 73 Kilogram Sampah Terkumpul dari Jalur Pendakian Torean – Danau Segara Anak

SPTNW 1 TNGR, menjelaskan bahwa sampah pada kawasan wisata pendakian dapat merusak ekosistem dan mengurangi nilai estetika dari suatu kawasan. “Jangan jadikan gunung sebagai tempat sampah, mari bijak dan peduli terhadap sampah di kawasan konservasi,” tulis SPTNW 1 TNGR.

BACA JUGA: Banyak Sampah di Gunung, Pengelola Tahura Raden Soerjo Minta Pendaki Belajar Cintai Alam

Adapun sampah-sampah yang terdapat di Gunung Rinjani itu didominasi oleh sampah plastik. “Plastik merupakan salah satu material yang sangat sulit terurai,” kata SPTNW 1 TNGR via instagram.

Berdasarkan data sampah TN Gunung Rinjani, pada 2021 jumlah sampah di kawasan wisata pendakian mencapai 4.736,46 kilogram, dan untuk di kawasan non pendakian sebanyak 600,15 kilogram. (MC/RIL)