Miris! Puluhan Botol Isi Urin Ditemukan Saat Aksi Bersih di Gunung Merbabu

(Mounture.com) — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) menggelar kegiatan aksi bersih sampah yang difokuskan di jalur pendakian Selo, Boyolali, Jawa Tengah pada 5-6 November 2019.

Dalam aksi bersih itu terkumpul 2,1 kwintal sampah yang terdiri dari sampah tisu basah, plastik, botol air mineral bekas, botol kaca dan beberapa atribut atau banner komunitas. Adapun sampah-sampah yang didapat dalam aksi bersih itu, kemudian dilakukan pembakaran dengan tungku pembakaran khusus.

Pada kegiatan yang dilakukan oleh Resort Selo Balai TN Gunung Merbabu beserta para relawan/volunteer itu ditemukan juga botol berisi urin atau air seni dengan jumlah mencapai 1,6 liter per botol yang didapat dari 21 botol.

“Dalam rangka evaluasi dan persiapan rencana pembukaan jalur pendakian, serta masih dijumpainya sampah sisa-sisa pendakian sebelum penutupan jalur, Resort Selo Balai TN Gunung Merbabu beserta para relawan/volunteer melakukan aksi bersih sampah di TN Gunung Merbabu. Bersih sampah ini dilakukan 2 kali dalam bulan November ini,” tulis akun resmi Instagram TNGMb (@tngunungmerbabu_official).

Dijelaskan pula bahwa aksi bersih sampah dilanjutkan pada 18 November 2019 dengan fokus membersihkan sampah yang dilakukan di Pos 3 dan Pos 2 jalur pendakian Selo. “Berat sampah yang terkumpul sebanyak 1,1 kwintal. Dari 51 botol berisi urin dengan volume rata-rata 0,5 liter per botol,” terang akun tersebut.

“Saat yang bersamaan dilakukan juga kegiatan pembersihan vandalisme di plat atau papan, pohon, petunjuk sepanjang jalur pendakian Selo,” tutup @tngunungmerbabu_official. (MC/RIL)

https://www.instagram.com/p/B5HtfUeDwIq/