Long Weekend, 590 Ribuan Orang Gunakan Kereta Api untuk Liburan

Foto: KAI

Mounture.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat terjadi tren kenaikan volume penumpang yang cukup signifikan pada masa libur panjang akhir pekan Hari Lahir Pancasila pada Kamis, 1 Juni 2023 dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada Jumat, 2 Juni 2023.

Tercatat selama lima hari dari 31 Mei – 4 Juni 2023, jumlah penumpang kereta api (KA) mencapai 593.130 orang. Adapun angka tersebut berdasarkan data tertanggal 3 Juni 2023 pukul 09.30 WIB.

“Tingginya animo masyarakat menggunakan jasa layanan kereta api di masa long weekend ini, disebabkan keunggulan dari transportasi kereta api sebagai transportasi massal yang aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan resmi.

Adapun perjalanan KA yang menjadi favorit masyarakat pada masa liburan ini diantaranya KA Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung/pp, KA Airlangga relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi/pp, KA Serayu relasi Pasar Senen – Kiaracondong – Purwokerto, KA Ranggajati relasi Cirebon – Jogjakarta – Jember.

BACA JUGA:

Kisah Perjalanan Mendaki Gunung Prau via Kalilembu

Lima Kereta Baru Diluncurkan, Ada Tarif Promonya

Untuk rute favorit pilihan masyarakat pada periode libur panjang akhir pekan tersebut adalah Jakarta – Bandung pp, Jakarta Yogyakarta pp, Jakarta – Surabaya pp, Bandung – Surabaya pp, dan tujuan lainnya.

Untuk mengakomodir meningkatnya volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut, total perjalanan KA Jarak Jauh yang dioperasikan adalah sebanyak 1.109 perjalanan KA atau rata-rata 222 perjalanan KA per hari, naik 4% dibanding pekan sebelumnya yaitu rata-rata 214 perjalanan KA per hari.

“Penambahan perjalanan kereta api tersebut sebagai bagian dari komitmen peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan khususnya pada masa high season seperti long weekend ini,” tutur Joni.

KAI juga mengimbau kepada pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket untuk keberangkatan kereta api per 1 Juni 2023. Hal ini seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023 yang akan dimulai pada 1 Juni 2023. (MC/RIL)