Kebakaran Landa Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang

Foto: Damkar Kab. Semarang

Mounture.com — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi, kali ini melanda Gunung Ungaran yang berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Adapun kebakaran yang melanda lahan di area milik Perhutani itu terjadi pada Kamis, 12 Oktober 2023 sekitar pukul 17.00 hingga 17.30 WIB.

Anggota Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Semarang Sigot Santoso, mengatakan laporan masuk tentang terjadinya kebakaran kawasan di bagian atas Gedong Songo, Kecamatan Bandungan itu, sekitar pukul 17.00 hingga 17.30 WIB.

BACA JUGA:

Sejumlah Pembalap MotoGP Lakukan Bersih Pantai dan Tanam Terumbu Karang

Water Booming Dioptimalkan untuk Pemadaman Karhutla Gunung Lawu

“BPBD masih melakukan penilaian kebencanaan atas peristiwa kebakaran tersebut. Petugas masih melakukan pengecekan kawasan yang terdampak,” katanya dikutip dari Antara, Jumat, 13 Oktober 2023.

Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Anang Sukoco, menjelaskan bahwa kebakaran tersebut telah berhasil dipadamkan pada pukul 22.00 WIB. Namun, pihaknya akan memastikan kembali sudah tidak ada titik api yang muncul.

“Api berhasil dipadamkan pukul 22.00 WIB, tapi pagi ini akan dilakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada bara api,” katanya.

“Pemadaman dilakulan secara manual, untuk luasan lahan yang terbakar masih dalam perhitungan pihak Perhutani,” tambah Anang.

(mc/ril)