0

Kebakaran Hutan Terjadi di Kawasan TN Gunung Rinjani

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengkonfirmasi telah terjadi kebakaran hutan di kawasan TNGR tepatnya di kawasan hutan Savana Propok. Adapun kebakaran tersebut dilaporkan oleh masyarakat setempat pada Minggu (7/7) sekitar pukul 13.17 WITA.

BTNGR menyebutkan bahwa tim pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lokasi dan juga menurunkan tim dari Resort Sembalun sejumlah 9 orang, Resort Aikmel sejumlah 12 orang, serta masyarakat (MMP, Pokdarling dan Pokdarwis) 10 orang.

“Sekitar pukul 18.30 WITA. dua titik api yang mengarah ke Propok dan Pusuk Sembalun dapat dikendalikan, namun beberapa titik api yang mengarah Gunung Kondo tidak dapat di kendalikan karena medan yang curam. Pukul 19.00 WITA atas pertimbangan keselamatan, tim memutuskan untuk kembali dan melakukan pemantauan jarak jauh,” tulis laman resmi TN Gunung Rinjani.

Adapun penyebab kebakaran disebut masih dalam proses penyelidikan dan kebakaran hutan ini diklaim tidak mengganggu aktivitas pendakian. Vegetasi yang terbakar, yaitu rumput, alang, semak dan perdu dan tidak ada laporan adanya korban jiwa.

“Perkiraan luasan kawasan hutan yang terbakar sekitar kurang lebih 115 hektare. Kondisi terakhir hingga saat ini (9/7), hotspot atau titik api masih terpantau di beberapa titik dan tim masih melakukan pemantauan jarak jauh dari Sembalun dan Pesugulan,” tulis TNGR dalam siaran pers, Selasa (9/7). (MC/PC)

Foto: dok. TNGR