0

Kawasan Gunung Anjasmoro Dilanda Kebakaran Hutan

  • 22 Oktober 2019 16:20

(Mounture.com) — Kawasan hutan yang berada di wilayah pegunungan Anjasmoro, Jombang, Jawa Timur mengalami kebakaran pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kebakaran di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) itu belum seluruhnya bisa dipadamkan.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang, Stevie Maria, menjelaskan bahwa luas lahan yang terdampak kebakaran hutan itu diperkirakan lebih dari 60 hektare. Menurutnya, kebakaran yang terjadi sejak Minggu malam telah menghanguskan wilayah puncak Gunung Anjasmoro atau Cemoro Sewu.

“Kondisinya masih ada kebakaran di Cemoro Sewu. Pantauan hingga Senin (21/10/2019) petang, kebakaran yang melanda puluhan hektare lahan hutan tersebut tidak berpotensi mengarah ke arah pemukiman penduduk. Arah anginnya ke barat, Insya Allah jika ke arah barat, api tidak mengarah ke pemukiman,” ungkapnya.

Menurutnya, titik kebakaran berada pada medan perbukitan yang sulit dijangkau. Pihaknya pun mengaku kesulitan untuk melakukan pemadaman. Sejauh ini, kata Pepy, BPBD Jombang bersama warga sekitar dan relawan berusaha memotong jalur agar tidak mengarah ke arah pemukiman penduduk.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD Jatim untuk pemadaman menggunakan water bombing atau bom air,” tutup dia. (MC/PC)

Foto: dok. Manusialembah.com