0

Jalur Pendakian Gunung Lawu Resmi Dibuka

  • 4 November 2019 00:57

(Mounture.com) — Usai ditutup karena dilanda angin kencang dan kebakaran hutan, beberapa waktu lalu, akhirnya jalur pendakian Gunung Lawu kembali membuka pada Sabtu, 2 November 2019 kemarin. Hal ini diinformasikan oleh pihak basecamp dari berbagai jalur pendakian melalui akun instagram mereka masing-masing.

Akun instagram @anakgununglawu, menyampaikan bahwa jalur pendakian Gunung Lawu sudah resmi dibuka, namun untuk surat resmi dari pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar masih belum ada.

“Sudah dibuka (jalur pendakian Gunung Lawu), tapi surat resminya belum keluar lur,” tulis akun tersebut, Sabtu pagi, 2 November 2019.

Hal yang sama dituliskan oleh akun @relawan.ceto dalam postingan instagram story-nya. “Per tanggal 2 November 2019, jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Ceto resmi dibuka. Tetap utamakan keselamatan dalam pendakian, jangan lupa sampahmu bawa turun kembali. Salam pengung,” katanya.

Sementara Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Nardi, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi kebakaran yang dilakukan pada Jumat, 1 November 2019.

“Dua anggota sukarelawan Ceto sudah menyisir ke lokasi bekas kebakaran di jalur pendakian Candi Ceto. Sudah aman untuk pendakian. Hujan sudah mengguyur sejak Jumat,” ujarnya seperti dikutip dari Solopos.com.

Nardi juga memastikan jalur pendakian ke Gunung Lawu melalui Cemara Kandang dibuka. Hingga sore hari, ada tujuh pendaki yang melakukan perjalanan ke puncak Gunung Lawu. Nardi mengizinkan pendaki mengakses kembali Gunung Lawu, dengan syarat hati-hati.

“Hati-hati selama mendaki. Hujan sudah turun. Jadi hati-hati jalur licin, angin kencang, tebing longsor di jalur Candi Ceto. Kami juga minta kepada pendaki sembari mengecek di sepanjang jalur yang dilewati. Apabila melihat jalur rusak, silakan melaporkan ke pos. Hati-hati, cuaca masih belum menentu. Jangan dipaksakan naik sampai puncak apabila tidak memungkinkan,” ungkap dia. (MC/PC)

Foto: dok. Instagram/@iryanti917