Hore! KLHK Akan Segera Buka Taman Nasional

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Mounture.com — Selama masa pandemi virus korona (Covid-19) banyak lokasi wisata alam yang melakukan penutupan kunjungan wisatawan. Termasuk Taman Nasional (TN) yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Seiring mulai diberlakukannya masa kenormalan baru oleh pemerintah, beberapa tempat wisata alam pun mulai membuka kembali objek wisata yang hampir 3 bulan ditutup karena pandemi Covid-19. Namun, untuk Taman Nasional masih diberlakukan penutupan kawasan oleh KLHK.

Kendati demikian, KLHK pun berencana akan melakukan pembukaan beberapa Taman Nasional secara bertahap sampai dengan medio Juli 2020 ini. Hal itu disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, saat jumpa pers bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo di Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

Menurut dia, berdasarkan hasil kerja KLHK bersama-sama dengan pemerintah daerah di lapangan melalui unit pelaksana teknis kerja Kementerian tercatat ada 29 taman nasional dan taman wisata alam yang secara bertahap sudah dapat dibuka dari proyeksi waktu saat ini sampai dengan pertengahan Juli 2020.

“Beberapa taman nasional yang kita akan buka seperti misalnya Gunung Gede Pangrango, Bromo Tengger Semeru dan atau Rinjani,” kata Siti Nurbaya.

Menurutnya, dari persiapan pembukaan kawasan itu yang paling penting adalah langkah protokoler pencegahan Covid-19. “Setelah pengumuman ini (jumpa pers), dan pedoman Menkes, kami segera menuliskan, memberikan perintah ke seluruh jajaran KLHK yang bisa mendukung sesuai protokol kesehatan Covid-19 itu bisa dilakukan,” tutur dia.

“Mudah-mudahan ini memberikan kebaikan bagi daerah dan kita semua,” tambah Siti Nurbaya. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.