Asik, Gunung Rinjani Akan Ada Jalur Baru

(Mounture.com) — Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengonfirmasi bahwa akan membuat jalur pendakian baru. Hal ini diungkapkan BTNGR melalui akun resmi Instagram-nya, baru-baru ini.

Dalam postingannya, disebutkan bahwa pihak BTNGR berencana membuat atau mencari jalur baru yang akan dilalui pendaki menggantikan jalur lama yakni jalur Senaru yang rusak akibat gempa bumi yang melanda Pulau Lombok, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa jalur Senaru yang merupakan salah satu jalur favorit para pendaki yang dimulai dari Jebak Gawah (Batas Kawasan TNGR) itu mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi yang melanda Pulau Lombok, beberapa tahun silam.

“Jalur yang biasa dilewati para pendaki banyak yang rusak bahkan longsor, shelter-shelter pun tidak luput dari dampak gempa. Yang paling terdampak adalah jalur menuju Danau Segara Anak, tebing bebatuan yang dulunya kokoh dan menjadi pijakan para pendaki mengalami longsor sehingga tidak bisa dilewati sama sekali,” tulis akun @gunungrinjani_nationalpark.

Disebutkan pula bawah pihak BTNGR beserta mitra telah melakukan upaya untuk perbaikan pada jalur tersebut, namun sangat sulit. “Di sela-sela upaya perbaikan jalur, muncul ide untuk pembuatan atau pencarian jalur baru. Dan jalur baru inilah, yang nantinya akan dilewati oleh para pendaki untuk menuju Danau Segara Anak,” tutup akun tersebut. (MC/RIL)

Foto: dok. BTNGR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.