1

12 Mei 2019, Jalur Pendakian Semeru Kembali Dibuka

Pintu masuk TNBTS (Mounture.com/Rani)

(Mounture.com) — Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengumumkan akan kembali membuka jalur pendakian Gunung Semeru pada 12 Mei 2019. Adapun pembukaan jalur pendakian ini berdasarkan surat edaran bernomor PG.02/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/5/2019 tertanggal 9 Mei 2019 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Besar John Kenedie.

Dalam keterangan resmi yang diterima Mounture.com, dijelaskan bahwa pembukaan jalur pendakian tersebut telah didahului dengan berbagai macam kesiapan pengelola untuk memastikan bahwa jalur pendakian Gunung Semeru layak dan kondusif untuk kegiatan pendakian.

Adapun kegiatan-kegiatan persiapan sebelum pembukaan pendakian yang dilakukan pengelola antara lain pengecekan atau survei jalur pendakian oleh petugas TNBTS, perbaikan sarana prasarana jalur pendakian, rapat koordinasi dengan stakeholders terkait berkaitan dengan rencana pembukaan pendakian Gunung Semeru dan pelatihan kesiapsiagaan bencana yang diikuti oleh petugas TNBTS, mitra dan volunteer TNBTS.

Sementara dalam surat edaran pembukaan pendakian Gunung Semeru, pihak TNBTS memberikan dua poin catatan, diantaranya batas aman pendakian direkomendasikan oleh Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Semeru – Gunung Sawur, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi adalah sampai batas Kalimati.

Poin kedua diterangkan bahwa para pihak berkewajiban melakukan koordinasi dalam menciptakan zero accident dan zero waste di Gunung Semeru sesuai kewenangan masing-masing.

Selain itu, dijelaskan bahwa dengan adanya pengumuman ini, maka pengumuman Kepala Balai Besar TNBTS nomor: PG.03/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2018 tanggal 26 Desember 2018 tentang penutupan pendakian Gunung Semeru dinyatakan tidak berlaku. (MC/DC)