100 Hektare Hutan di Gunung Ciremai Terbakar

(Mounture.com) — Kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kuningan, Jawa Barat mengalami kebakaran, Selasa (18/9) petang.

Humas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Agus Yudantara, mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Gunung Ciremai saat ini telah membakar sekira 100 hektare. “Dugaan sementara, luas hutan yang terbakar sekitar 100 hektare,” kata Agus seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/9).

Menurut Agus, kebakaran yang terjadi itu menghanguskan semak belukar dan alang-alang yang mengering akibat musim kemarau. Sedangkan untuk tempat kebakaran terjadi di lahan yang berbatu, artinya ini kawasan yang tidak begitu banyak ditumbuhi pohon.

“Kebakaran itu pada punggungan Timur TNGC berupa semak belukar, alang-alang kering yang tumbuh pada lahan berbatu,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk memadamkan kawasan hutan tersebut, dibentuk tim gabungan yang terdiri dari unsur TNGC, MPA, MPGC, Polri, TNI, BPBD, pecinta alam, voluntir dan masyarakat.

Dia pun menambahkan untuk satu tim itu terdiri dari 19 orang, dimana pada kemaren malam sudah mulai mendaki untuk memantau pergerakan api. “Kemarin malam kita sebagian naik untuk membuat sekat bakar di atas, agar tidak semakin meluas,” katanya.

Menurutnya, kawasan Gunung Ciremai terbakar pada Selasa (18/9) siang dan sampai saat ini masih dilakukan upaya pemadaman. “Api mulai terlihat pukul 12.30 WIB oleh masyarakat dari Setianegara,” katanya.

Agus mengatakan kawasan hutan Gunung Ciremai yang terbakar itu terdapat di Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. (MC/DC)

Sumber: Antara

Foto: Dok. Pusdalops BPBD Kuningan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.