Cara Atasi Keseleo saat Pendakian ke Gunung

  • 26 August 2024 07:55

Ilustrasi – Foto: Instagram/@julian.keliananta

Mounture.com — Berkegiatan di alam bebas, seperti mendaki gunung memiliki beragam risiko yang bakal dihadapkan kepada pendaki jika tidak berhati-hati ataupun tanpa persiapan.

Salah satu risiko yang rentan dihadapi ialah keseleo saat melakukan pendakian. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi keseleo saat melakukan pendakian.

Berikut ini beberapa cara mengatasi keseleo saat melakukan pendakian ke gunung.

1. Istirahat

egera berhenti mendaki dan beristirahat. Jangan memaksakan kaki yang keseleo untuk terus berjalan, karena bisa memperparah cedera.

2. Kompres dengan es atau air dingin

Jika memungkinkan, gunakan es atau air dingin untuk mengompres area yang keseleo selama 15-20 menit. Ini membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Bungkus es dalam kain atau pakaian sebelum ditempelkan ke kulit.

3. Tekanan

Balut bagian yang keseleo dengan perban elastis untuk memberikan tekanan dan mencegah pembengkakan lebih lanjut. Jangan membalut terlalu kencang, agar sirkulasi darah tetap lancar.

BACA JUGA:

Cara Lakukan Salat saat Mendaki Gunung

Destinasi Wisata Populer dan Kuliner Khas di Malang

4. Angkat kaki

Jika memungkinkan, posisikan kaki yang keseleo lebih tinggi dari jantung. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan.

5. Lindungi area yang cedera

Gunakan tongkat pendakian atau bantuan dari teman untuk berjalan jika harus melanjutkan perjalanan. Jika rasa sakit terlalu hebat, sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan dan segera mencari bantuan medis.

6. Konsumsi obat pereda nyeri

Jika tersedia, konsumsi obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau paracetamol untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

7. Cari bantuan medis

Jika rasa sakitnya parah, tidak berkurang dengan penanganan awal, atau jika terjadi deformitas (perubahan bentuk) pada area yang keseleo, segera cari bantuan medis.

Ingat, penting untuk selalu membawa kotak P3K dan peralatan dasar lainnya saat mendaki gunung, sehingga siap menangani situasi darurat seperti keseleo.

(mc/cg)