Goa Kidang Kencono, Wisata Alam Menantang di Bukit Menoreh

Foto: desa7.desa.id.or.id

Mounture.com — Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang banyak menawarkan panorama alam yang patut dikunjungi.

Salah satunya adalah Goa Kidang Kencono yang merupakan bagian dari barisan perbukitan Manoreh itu memiliki panjang lorong yang diperkirakan mencapai 350 meter dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang masih aktif.

Sungai bawah tanah merupakan salah satu daya tarik dari Goa Kidang Kencana yang terletak tidak jauh dari lokasi Goa Kiskendo. Tak hanya itu, sungai bawah tanah ini jika ditelusuri akan tembus hingga ke Goa Kiskendo.

BACA JUGA:

Destinasi Wisata Populer dan Kuliner Khas di Malang

Ini Daya Tarik Wisata Alam Kawah Ratu Gunung Salak

Goa ini berada di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kec. Girimulyo, Sebrangkidul, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Adapun daya tarik dari Goa Kidang Kencono antara lain keindahan stalaktit dan stalagmit yang membentuk formasi unik dan indah, menjadikannya tempat yang menarik bagi para pecinta alam dan fotografi.

Selain itu, goa ini menawarkan jalur penjelajahan yang menantang namun menarik, dengan beberapa bagian yang sempit. Pengunjung sering disarankan untuk membawa peralatan seperti helm dan senter.

Tak hanya itu, goa ini juga memiliki ekosistem yang khas, dengan kelelawar dan berbagai jenis serangga yang hidup di dalamnya.

(mc/pd)