0

Tips Mengobati atau Melepaskan Gigitan Pacet

Pacet yang sering ditemui di beberapa jalur pendakian (dok. Instagram/@kumbangketawa_gimbal)

(Mounture.com) — Pacet atau juga lintah kerap kali sering ditemui di jalur-jalur pendakian, karena hewan ini memiliki habitat di tempat yang lembab seperti di hutan tropis. Bahkan pacet sering kali menempel di badan tanpa diketahui dan akan sangat sulit untuk melepaskan gigitannya di tubuh.

Sebenarnya, pacet bukanlah hewan yang berbahaya, namun bekas gigitan dari pacet bisa menyebabkan gatal atau juga infeksi. Terlebih lagi jika mencabut atau melepaskan pacet dengan cara yang tidak benar. Meski begitu, hewan ini disebut akan menghisap darah kotor.

Nah, berikut ini mounture.com berikan tips untuk mengobati atau melepaskan gigitan pacet atau lintah yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan Tembakau

Kalian cukup membasahi tembakau dengan air lalu oleskan ke bagian tubuh yang terserang pacet.

2. Gunakan Panas Api dari Puntung Rokok

Cukup dekatkan bara api dari rokok ke tubuh pacet, nanti pacet itu akan melepaskan gigitannya dari tubuh kita.

3. Siram Air Garam

Selain menggunakan bara api, dengan menyiram pacet menggunakan air garam juga ampuh untuk melepaskan gigitan pacet tersebut.

4. Jangan menarik pacet

Hal ini akan membuat tubuh kita mengalami pendarahan yang makin lama.

Jika pacet sudah melepaskan gigitannya dari tubuh, ada baiknya segera obati dengan memberikan betadine atau obat penyembuh luka pada bagian yang digigit pacet. Hal ini dilakukan agar menyegah infeksi dari bekas gigitan pacet tersebut. (MC/DC)