Rekomendasi Gunung untuk Rayakan 17 Agustusan

Suasana upacara hari kemerdekaan di Gunung Rinjani – Foto: TN Gunung Rinjani

Mounture.com — Menjelang perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, banyak kegiatan yang akan dilakukan. Di antaranya melakukan kegiatan upacara bendera di atas gunung.

Banyak pendaki yang melakukan kegiatan pengibaran bendera merah putih dari puncak gunung. Bahkan, beberapa pihak pengelola jalur pndakian pun kerap kali melaksanakan kegiatan-kegiatan seru di atas ketinggian.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk melakukan pendakian saat momen 17 Agustus nanti, berikut ini beberapa gunung yang bisa dikunjungi untuk merayakan 17 Agustusan.

BACA JUGA:

Kegiatan Pendakian Gunung Slamet Dibuka, Radius Aman 3 Kilometer dari Kawah

Catat! Ini Perlengkapan yang Harus Dibawa untuk Pendakian Tektok

1. Gunung Rinjani

Gunung yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan ketinggian 3.728 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini kerap diramaikan pendaki-pendaki yang ingin merayakan HUT RI di sekitar pelawangan atau danau segara anak.

Bahkan, terkadang Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) pun menggelar kegiatan upacara bendera di atas ketinggian.

2. Gunung Prau

Gunung yang berlokasi di Jawa Tengah dengan ketinggian 2.665 mdpl ini merupakan salah satu destinasi pendakian favorit. Tahun ini, pihak pengelola jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng menggelar kegiatan bertajuk ‘Festival Gunung Prau’.

Banyak kegiatan yang akan dihelat di atas puncak Gunung Prau, mulai dari pengibaran bendera merah putih, hingga panjat pinang.

3. Gunung Sindoro

Untuk gelaran perayaan hari kemerdekaan di Gunung Sindoro, basecamp pendakian Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu menghelat kegiatan bertajuk ‘Sabuk Gunung’ yang bakal membentang bendera merah putih berukuran raksasa serta kegiatan lainnya,

(mc/pc)