Kemenparekraf Hadirkan Planogram Goes To Mandalika 2023 di Bandara Lombok

Foto: Kemenparekraf

Mounture.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan planogram “Goes To Mandalika 2023* bertempat di antara lobby kedatangan dan keberangkatan Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM), Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 12-16 Oktober 2023.

Planogram Goes to Mandalika 2023 merupakan instalasi interaktif yang menampilkan 100 jenama dari subsektor fesyen, kriya, kuliner, dan intellectual property yang dipilih melalui serangkaian kurasi. Produk ekonomi kreatif mewakili seluruh daerah di Indonesia, khususnya di NTB.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan planogram merupakan bagian dari langkah Kemenparekraf dalam mendukung event sport tourism berkelas dunia, MotoGP Mandalika 2023 (IndonesianGP) yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit 13-15 Oktober 2023.

“Momen bergengsi MotoGP Mandalika dan Planogram diharapkan menjadi booster bagi promosi jenama-jenama yang terlibat, sekaligus menciptakan multiplier effect yang lebih besar,” ujar Menparekraf Sandiaga.

BACA JUGA:

Sejumlah Pembalap MotoGP Lakukan Bersih Pantai dan Tanam Terumbu Karang

Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Indonesia Diprediksi Tumbuh pada 2024

Planogram Goes to Mandalika 2023 memuat informasi dan foto-foto produk kreatif, beserta QR Code yang akan menyambungkan dengan akun resmi pelaku kreatif di marketplace nasional atau platform penjualan lain (media sosial, website, dan lainnya).

Pembayaran pembelian produk kreatif dapat dilakukan secara cashless menggunakan QRIS yang didukung oleh Bank Indonesia, lalu produk kreatif akan dikirim ke lokasi pembeli melalui jasa ekspedisi pengiriman barang. Selain itu, terdapat juga produk displai yang dapat dibeli secara langsung.

Planogram menawarkan kemudahan akses belanja dan jangkauan yang lebih luas, sekaligus menjadi perwujudan nyata dari strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang digadang Kemenparekraf dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Konsumen juga dapat merasakan langsung digital experience di booth Planogram.

“Saya yakin Planogram dapat menggeliatkan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika sekitarnya, hingga dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas untuk masyarakat, yang berujung pada kebangkitan ekonomi Indonesia,” tutur Menparekraf Sandiaga.

(mc/ril)