Kebakaran Hutan, Kegiatan Pendakian Gunung Arjuno Welirang Ditutup

Gunung Arjuno-Welirang – Foto: Tahura Raden Soerjo

Mounture.com — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo melakukan penutupan sementara kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang sejak Minggu, 27 Agustus 2023.

Adapun penutupan itu dilakukan karena adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di kawasan lereng Gunung Arjuno dan saat ini sedang dalam penanganan pihak terkait.

“Pendakian Gunung Arjuno Welirang sementara waktu ditutup dikarenakan sedang terjadi kebakaran. Untuk reschedule atau pindah jalur pendakian dapat menghubungi kontak admin yang tertera di website booking,” tulis Tahura Raden Soerjo via instagram.

BACA JUGA:

Disporapar Jawa Tengah Gelar Lomba Video Berhadiah Jutaan Rupiah

Penampakan Kawasan Gunung Semeru Pascakebakaran

Para calon pendaki yang sudah melakukan booking online via website bisa melakukan reschedule atau penjadwalan ulang pendakiannya dengan menghubungi admin di nomor 085156579564 (chat only).

Foto: UPT Tahura Raden Soerjo

Diketahui, lereng Gunung Arjuno mengalami kebakaran hutan terjadi sejak Sabtu, 26 Agustus 2023 dini hari. Belum diketahui luas lahan yang terdampak kebakaran tersebut, namun saat ini petugas masih melakukan pemadam.

“Penutupan jalur pendakian berlangsung hingga waktu tidak ditentukan, sampai kondisi Arjuno-Welirang benar-benar pulih,” tutur Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura Raden Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Ajat Sudrajat.

Sebelumnya, Tahura Raden Soerjo juga sempat melakukan penutupan jalur pendakian Gunung Arjuno via Sumber Brantas dikarenakan adanya pendaki yang meninggal dunia di jalur tersebut. (MC/RIL)