KAI Catat Penjualan Tiket KA Jarak Jauh Telah Capai Lebih dari 2 Jutaan

Mounture.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat hingga Senin, 17 April 2023 tiket kereta api (KA) jarak jauh untuk keberangkatan di masa angkutan lebaran 2023 telah terjual sebanyak 2.236.777 tiket atau 73% dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang disediakan yaitu 3.065.404 tiket.

Adapun jumlah tersebut masih akan bertambah, sebab penjualan tiket KA jarak jauh masih terus berlangsung hingga saat ini.

KAI mencatat relasi favorit sejauh ini untuk periode sebelum lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta/Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Untuk periode setelah lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta/Bandung).

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya pada 16 April 2023 sebanyak 98%, tanggal 15 dan 24 April 2023 sebanyak 97%, serta tanggal 19 dan 25 April 2023 sebanyak 94%.

BACA JUGA:

Asyik! KAI Beri Diskon Tiket Kereta Hingga 20%

KAI Luncurkan Film Pendek ‘Pulang’

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan resmi.

Joni mengatakan, kereta api adalah moda transportasi yang bebas macet dan tepat waktu untuk mengantarkan pelanggan bertemu keluarga serta kerabat dengan lebih cepat. Bahkan, kata Joni, on time performance KAI saat ini adalah 99,6%.

Menurutnya, KAI secara bertahap terus meningkatkan waktu tempuh kereta api melalui perbaikan prasarana. “Hasilnya kereta api dapat mencapai kecepatan hingga 120 kilometer per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, keselamatan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama,” tutupnya. (MC/RIL)