Tahun Ini, Dieng Culture Festival Ditiadakan

Foto: Pemprov Jawa Tengah

Mounture.com — Dieng Culture Festival sebagai salah satu event unggulan Jawa Tengah dan masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan salah satu kegiatan yang paling dinantikan dan telah menjadi magnet wisata ke Dieng.

Event yang selalu dinanti dan mampu menarik puluhan ribu wisatawan itu sedianya akan memasuki penyelenggaraan ke-14 pada tahun ini. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara secara resmi telah mengumumkan bahwa Dieng Culture Festival 2023 ditiadakan.

Pemkab Banjarnegara beralasan Dieng Cultur Festival ditiadakan dikarenakan saat ini tengah dilakukan penataan di tiga titik lokasi yakni Kawasan Candi Arjuna, terminal Aswatama dan Kawasan Kawah Sikidang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

BACA JUGA:

Curug Sikarim di Dataran Tinggi Dieng Tawarkan Panorama Alam Memukau

Asyik! KAI Hadirkan Program Boarding Pass Through Value, Banyak Benefitnya

Ketiga lokasi tersebut merupakan titik sentral dan pendukung pelaksanaan Dieng Culture Festival. Selain itu, ruas jalan antara terminal aswatama sampai ke kawasan kawah Sikidang juga akan dilaksanakan pengerjaan peningkatan jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Banjarnegara.

Demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung serta kelancaran proses pengerjaan penataan kawasan Dieng, maka Dieng Culture Festival tahun 2023 untuk sementara tidak dilaksanakan sambil mempersiapkan pelaksanaan tahun depan.

Harapannya, Dieng Culture Festival 2024 akan berjalan lebih baik di tengah suasana kawasan wisata yang sudah lebih tertata, sehingga memberikan kesan baik bagi semua pihak. (MC/RIL)