Jalur Pendakian Gunung Salak via Ajisaka Resmi Dibuka

  • 29 June 2024 08:13

Gunung Salak – Foto: denubay.com

Mounture.com — Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) resmi membuka jalur pendakian Gunung Salak via Ajisaka pada 14 Juni 2024 kemarin.

Pembukaan dilakukan di Balai Pertemuan Pos Pendakian Ajisaka di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Adapun pembukaan jalur pendakian terbaru itu berdasarkan surat dinas Kepala Balai TNGHS Nomor: SE.18/T.14/TU/KSA.5.1/B/06/2024 tanggal 13 Juni 2024 tentang Pembukaan Pendakian Gunung Salak II Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

“Jangan lupa patuhi SoP ya #sobathalisa, untuk pendakian yang aman dan dengan tetap menghormati kelestarian alam,” tulis akun instagram resmi TNGHS (@btn_gn_halimunsalak).

BACA JUGA:

Detail Waktu Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Garum

Perlengkapan dan Perbekalan yang Harus Dibawa saat ke Puncak Gunung

Diketahui, gunung dengan ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki beberapa jalur pendakian, salah satunya melalui Ajisaka.

Jalur Ajisaka merupakan jalur Pura Jagatkarta yang dahulu sering digunakan oleh para peziarah berkunjung ke beberapa makam wali.

Adapun rute ini bisa mencapai tiga puncak sekaligus yaitu Puncak Fajar Kencana 1.917 mdpl, Puncak Sumbul 1.926 mdpl, dan Puncak Prabu (Salak II) 2.180 mdpl.

Melalui jalur pendakian ini, pendaki akan menempuh waktu perjalanan sekitar 7 – 8 jam untuk sampai ke puncaknya.

Perlu diingat, perjalanan menuju puncak lewat jalur satu ini memiliki banyak percabangan jalan. Untuk itu, pendaki perlu berhati-hati dan selalu memperhatikan petunjuk arah berupa tali pita maupun webbing.

(mc/ril/pd)