Persingkat Waktu Pendakian Gunung Slamet via Bambangan dengan Ojek

Penampakan Gunung Slamet dari ketinggian – Foto: id.wikipedia.org

Mounture.com — Belakangan ini, tren penggunaan jasa ojek di wisata pendakian semakin banyak dijumpai. Termasuk di Gunung Slamet via Bambangan yang belum lama ini tersedia jasa ojek untuk bisa mencapai Pos 1.

Kehadiran jasa ojek ini disebut mempersingkat waktu serta menghemat tenaga. Kendati demikian masih ada pro dan kontra dengan kehadiran jasa ojek di Gunung Slamet via Bambangan ini.

Bagi pendaki yang menggunakan jasa ojek ini untuk menuju ke Pos 1 dari Basecamp akan menempuh waktu perjalanan sekitar 20 menit saja, dengan biaya sebesar Rp60 ribu.

Selain mempersingkat waktu perjalanan, rupanya menaiki ojek di jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan ini menawarkan banyak sensasi, sebab trek yang digunakan sama seperti pendaki yang berjalan kaki.

BACA JUGA:

TNGR akan Atur Ojek Gunung di Rinjani

Ini Rangkaian Lengkap Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Kudus Ke-474

Tangkapan layar ojek di Gunung Slamet via Bambangan – YouTube/
saakinaaaah

Pendaki bakal merasakan tantangan yang cukup menggenjot jantung berpacu lebih cepat, dikarenakan kontur jalan yang tidak mulus dan cenderung bertanah dan berbatu.

Diketahui, Gunung Slamet yang terletak di lima kabupaten, yaitu Banyumas, Brebes, Tegal, Pemalang dan Purbalingga, Jawa Tengah merupakan gunungapi aktif yang menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Untuk bisa mendaki ke gunung dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini pendaki bisa melalui banyak jalur pendakian. Adapun salah satu jalur pendakian favorit adalah via Bambangan, sebab jalur ini disebut lebih pendek dibandingkan dengan jalur-jalur pendakian lainnya.

Adapun letak basecamp pendakian via Bambangan sendiri berada di ketinggian kurang lebih 1.500 mdpl. Sedangkan untuk estimasi waktu pendakian via Bambangan ini, pendaki akan menempuh perjalanan kurang lebih 9-11 jam untuk naik.

Sedangkan untuk turun, pendaki bisa menempuh perjalanan selama 6-7 jam, namun semuanya tergantung kondisi fisik, dan mental masing-masing individu. (MC/PC)