0

Tips Ketika Mandi di Sungai

  • 27 Januari 2019 08:10

(Mounture.com) — Mandi di sungai merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikan, pasalnya kegiatan tersebut saat ini hanya bisa dilakukan di pedesaan yang memiliki suasana asri dan nyaman serta aliran sungai yang bersih.

Kendati saat ini mandi sungai sudah bukan rutinitas melainkan hanya untuk bersenang-senang saat liburan. Maka dari itu, perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mandi di sungai demi keamanan, kenyamanan dan juga kelestarian lingkungan.

1. Jangan Tanggalkan Seluruh Pakaian

Usahakan jangan membuka semua pakaian yang kalian gunakan waktu akan mandi di sungai, hal ini agar kalian terhindar dari bahaya-bahaya di luar dugaan. Selain itu, air sungai belum tentu bersih 100 persen, jadi mencegah ada binatang berbentuk kecil atau besar yang menyerang kalian.

2. Selalu Waspada akan Barang Bawaan

Disarankan untuk menaruh pakaian dan barang bawaan tidak jauh dari jangkauan pandangan kalian. Dan lebih baik jika ada teman yang berjaga secara bergantian untuk menjaga barang bawaan kalian.

3. Pilih Lokasi yang Tidak Terlalu Deras

Pilihlah aliran air yang cukup tenang dan tidak membuat tubuh kalian terbawa arus. Perhatikan juga kedalaman sungai tempat kalian mandi, pilihlah yang memiliki pijakan yang aman dan tidak memiliki kedalaman yang berbahaya. Waspadai juga pusaran air yang terbentuk karena aliran air.

4. Waspada Hewan Liar

Berbagai macam hewan liar seperti ular sering berada di aliran sungai, selain itu ada hewan-hewan liar lain yang memanfaatkan air sungai sebagai tempat mencari minum, jadi kalian harus tetap waspada dan perhatikan di sekitar kalian.

5. Jangan Gunakan Sabun dan Sejenisnya

Hal ini sangat dilarang, karena akan mencemari lingkungan. Hewan-hewan air yang endemik di sungai tersebut akan beresiko mati dan juga merusak ekosistem sungai tersebut.

6. Jangan Mandi Ketika Hujan

Sangat beresiko dan tidak dianjurkan, pasalnya akan beresiko terkena air bah. Karena mungkin saja di wilayah sekitar kalian hujan gerimis, namun di hulu sungai sedang hujan deras yang akan berpotensi menimbulkan air bah. Jadi perhatikan cuaca ketika akan mandi di sungai.

7. Jangan Buang Air Kecil dan Besar

Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Jadi agar tetap lestari dan bersih sungainya ada baiknya tidak membuang apapun ke sungai. Selain itu, tinja juga mengandung berbagai macam bakteri. (MC/PC)

Foto: dok. Youtube.com