0

Ini Cara Rawat Lensa Agar Terhindar dari Jamur

  • 2 Desember 2018 08:31

(Mounture.com) — Bagi kalian yang hobi berpetualang, mengabadikan momen merupakan hal yang sangat penting dilakukan para petualang. Kamera menjadi barang wajib yang mesti dibawa kemanapun kalian akan berpergian. Untuk itu, penting bagi kalian untuk melakukan perawatan terhadap kamera.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah lensa yang berjamur. Jamur pada lensa biasanya akan terlihat dengan ciri-ciri ada tumbuhnya bercak-bercak ataupun kotoran yang menyerupai jamur, baik itu jamur kecil atau besar termasuk pada jamur yang mirip kabut hingga tingkat terparah. Hal ini akan berakibat, kamera menjadi susah mengambil fokus, gambar menjadi blur serta hasil gambar yang tidak maksimal.

Nah, untuk mencegah agar lensa kamera kesayangan kalian tidak berjamur, berikut ini Mounture.com rangkum dari berbagai sumber cara agar lensa kamera terhindar dari jamur.

1. Jaga Kebersihan

Hindari penggantian lensa di tempat yang kotor atau berdebu.

2. Jangan Sentuh Lensa

Sentuhan langsung kepada lensa akan meninggalkan bekas yang akan menimbulkan jamur apabila tidak segera dibersihkan.

3. Siapkan Peralatan Lengkap

Gunakan tas khusus kamera serta sarung anti hujan. Hal ini dimaksudkan agar kamera kalian terhindar dari suhu berbeda seperti pantai yang memiliki udara yang panas, atau wilayah pegunungan yang memiliki suhu yang dingin.

4. Gunakan Kain Khusus

Membersihkan lensa kamera diharuskan menggunakan kain khusus, jangan gunakan tisu. Pasalnya akan menyebabkan baret halus pada permukaan lensa.

5. Pasang Penutup

Ketika lensa tidak digunakan, maka tutuplah lensa dengan menggunakan caps.

6. Matikan Tombol Af dan Vr

Gunanya agar tidak merusak kinerja motorik dalam lensa. (MC/DC)

Foto: dok. diykamera.com