Memilih Tenda untuk Pendakian ke Gunung

(Mounture.com) — Dalam melakukan kegiatan pendakian ke gunung, kita harus mempersiapkan segala hal mulai dari fisik, mental hingga peralatan pendakian agar perjalanan mendaki ke gunung bisa menjadi lancar dan selamat.

Adapun salah satu yang harus dipersiapkan adalah peralatan mendaki gunung, diantaranya tenda. Tenda berfungsi sebagai tempat beristirahat saat dalam pendakian. Karena fungsi yang vital, maka pendaki harus membawa tenda kemanapun pendakian dilakukan.

Untuk itu, memiliki tenda merupakan kewajiban seorang pendaki. Jikalau belum sanggup untuk membeli tenda yang harganya bisa dibilang mahal, maka ada solusinya yaitu melakukan penyewaan ke tempat-tempat penyewaan peralatan gunung.

Berikut ini cara untuk memilih tenda untuk pendakian ke gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ukuran

Sesuaikan ukuran tenda dengan banyaknya jumlah teman pendakian. Adapun ukuran tenda bervariatif, ada yang berkapasitas 2 orang, 3 orang atau bahkan ada yang bisa memuat hingga puluhan orang. Semua tergantung kebutuhan kalian saat mendaki.

2. Berat

Pilihlah tenda yang tidak terlalu berat, namun tetap kuat. Saat ini banyak pilihan tenda dengan berat yang ringan atau biasa disebut ultralight. Namun memang tenda jenis ini terbilang memiliki harga lebih mahal ketimbang tenda-tenda yang bukan ultralight.

3. Inner dan Outer

Pilihlah inner atau dalaman tenda yang memiliki pori-pori untuk ventilasi udara, dan memiliki kantong yang berada di sisi-sisi untuk meletakkan benda-benda penting yang kalian bawa. Sedangkan untuk outer atau luaran tenda, pilih yang memiliki lapisan ganda (double layer) dan jahitan yang rapat atau tersegel.

4. Frame dan Pasak

Pilihlah frame yang memiliki struktur yang kuat dan lentur. Untuk frame memiliki dua pilihan yaitu berbahan alloy dan fiberglass. Sementara pasak, pilihlah yang kuat menahan tenda, agar beban terbagi antara frame dan pasak.

5. Bentuk dan Warna

Pilih tenda yang memiliki bentuk kubah atau dome, pasalnya tenda jenis ini memiliki kekuatan lebih baik dari tenda berbentuk segitiga. Sedangkan untuk warna, pilihlah yang mencolok agar terlihat langsung dari kejauhan dan tentunya memiliki estetika yang bagus dengan warna mencolok. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.