Mengenal Mobil Bersejarah Mitsubishi

Mounture.com — Mobil yang banyak tersebar dan digunakan oleh orang di hampir seluruh dunia hadir dengan adanya berbagai pengembangan dari model sebelumnya. Selain itu, mobil yang kini banyak beredar pun hadir berkat lahirnya model pertama yang penuh dengan intrik dari segala aspek, termasuk dari pabrikan asal Jepang, Mitsubishi Motors.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai awal mula dan pengembangan mobil Mitsubishi. Adapun Mitsubishi Model A adalah mobil produksi awal Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company yang sekarang adalah Mitsubishi Heavy Industries (MHI), di mana Mitsubishi Motors Corporation berpisah dari MHI pada tahun 1970.

Menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors, dengan prototipe yang dimulai pada musim panas tahun 1917 dan selesai diproduksi pada November 1918. Kendati pada masa itu sudah terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif, Mitsubishi Model A pertama diproduksi secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat.

Bodi mobil yang terbuat dari kayu yang dipernis, dan interiornya menggunakan kain wol Inggris yang mewah. Dengan tidak adanya gambar desain untuk bekerja, dan dengan sedikit pengetahuan tentang mesin bensin, bodi mobil, interior, dan pengalaman lain dalam proses produksi, insinyur Mitsubishi mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan menunjukkan bahwa produksi massal mobil dalam negeri adalah hal yang mungkin.

Pada 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang dan tercatat sebagai sebuah mobil yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang. November lalu, MMC mengumumkan bahwa Mitsubishi Model A telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai Mobil Bersejarah yang menandai keunggulan pada sejarah industri otomotif Jepang.

Saat ini replika dari Mitsubishi Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi. (MC/MM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.