Berkendara Motor Malam Hari, Perhatikan Hal Ini

(Mounture.com) — Tak melulu di siang hari, berkendara terkadang juga sering dilakukan pada malam hari. Adapun ketika berkendara di malam hari, khususnya untuk pengguna kendaraan roda dua, atau motor perlu meningkatkan kehati-hatiannya.

Nah, untuk mencegah hal buruk terjadi saat berkendara di malam hari menggunakan sepeda motor serta keselamatan, para bikers pun harus melakukan beberapa hal berikut ini seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Periksa kondisi motor,

Sebelum menggunakan motor kesayangan, periksa dulu kondisinya. Mulai dari jumlah bahan bakar yang masih tersedia di tangki, tekanan ban, serta rem motor. Untuk ketersediaan bensin, pastikan kalian punya cukup bensin untuk sampai kembali ke rumah atau tempat tujuan kalian, jadi ada baiknya melakukan pengisian bahan bakar sebelum berkendara.

Sementara untuk pemeriksaan tekanan ban, pastikan angka tekanan bannya sesuai standar. Lihat juga permukaan ban, jangan gunakan ban yang sudah gundul alias tak beralur lagi.

Sedangkan untuk rem motor, pastikan rem motor masih pakem dan tidak blong. Sebab, tentu saja berbahaya jika kalian naik motor dengan rem blong.

2. Gunakan helm dengan kaca bening,

Pilihlah helm dengan kaca bening, yang bisa membantu kalian melihat kondisi jalan dengan lebih jelas. Yang penting, pakai helm dengan label Standar Nasional Indonesia (SNI), yang memang dirancang dengan mengacu pada standar keamanan nasional.

4. Pakai jaket,

Udara di malam hari cenderung dingin, berbeda dari yang kalian rasakan di siang hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai jaket setiap kali naik motor di malam hari. Tujuannya, agar tubuh menjadi hangat. Sebaiknya kalian memilih jaket dengan warna terang, agar mudah dilihat oleh pengendara maupun pengguna jalan lain di sekitar kalian.

5. Cari rute yang ramai,

Jika kalian berkendara di malam hari, pastikan kondisi rute yang kalian lalui tidak terlalu sepi atau bukan jalan yang tidak umum. Kalian bisa menggunakan berbagai aplikasi sebagai petunjuk arah juga. Disarankan untuk memilih rute yang terang, dan ramai untuk keselamatan dan keamanan kalian. (MC/PC)

Foto: dok. Suzuki Indonesia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.